Bagi pengguna kartu kredit, Visa dan MaterCard pasti sudah tidak asing lagi. Bahkan masih banyak yang menganggap keduanya sama. Mastercard dan Visa adalah provider yang memungkinkan bagi Bank untuk menerbitkan kartu kredit sehingga dapat terhubung dengan merchant yang berlogo MasterCard atau Visa. Kedua provider ini dapat digunakan di banyak tempat sehingga memudahkan para pengguna kartu kredit. Berikut ini perbedaan Visa dan MasterCard.

Perbedaan Antara Visa dan MasterCard

1. Perusahaan yang Berbeda

Baik Visa maupun MasterCard dibuat oleh perusahaan yang berbeda. VISA diproduksi oleh Visa Internasional Service Association yang ada di Foster City, California. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahu 1955. Sedangkan MasterCard diproduksi oleh perusahaan MasterCard Worldwide yang berada di Purchase, New York. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1966. MasterCard dan Visa merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia.

2. Jangkauandan Popularitas yang Berbeda

Antara MasterCard dan Visa, keduanya memiliki popularitas yang hampir sama dengan jangkauan yang cukup luas. Bahkan hampir setiap merchant yang ditemui, anda bisa melihat merchant tersebut tersedia dalam pilihan Visa ataupun Mater Card. Tidak hanya itu, di berbagai ATM, MasterCard dan Visa seringkali ditemukan berdampingan. Namun, penggunaan Visa lebih luas di kawasan Asia Pasifik, sedangkan MasterCard lebih banyak di Eropa.

Yuk Simak 5 Perbedaan Visa dan MasterCard

3. Jenis Kartu yang Digunakan

Perbedaan Visa dan MasterCard yang ketiga yaitu terletak pada tipe kartu yang digunakan. Meskipun kedua provider ini menggunakan 3 jenis kartu yang sama yaitu Classic, Gold, dan platinum. Namun ada beberapa jenis kredit yang berbeda antara MasterCard dan Visa. Jika Visa mengeluarkan jenis kredit Visa Signature dan Visa Infinite, sedangkan MasterCard mengeluarkan jenis kartu kredit Word MasterCard dan Word Elite MasterCard.

Visa Signature merupakan kartu kredit eksklusif yang hanya bisa digunakan oleh kalangan pengusaha atau prefisional yang terkemuka. Sedangkan Visa Infinite merupakan jenis kartu kredit yang digunakan oleh kalangan umum. Word MasterCard setara dengan Visa Infinite. Namun penggunaan minimum bagi pengguna harus Rp 75 juta pertahun. Jenis kartu kredit Word Elite MasterCard merupakan kartu kredit yang diperuntukkan bagi kalangan elit.

4. Perlindungan Pada Nasabah

Kedua provider memberikan perlindungan kepada nasabah dengan cara yang berbeda. Perlindungan ini diberikan untuk menjamin keamanan kartu kredit saat melakukan transaksi secara online. Visa memberikan perlindungan pengamanan dengan cara memasukkan pin statis atau One Time Password pada jendela Verified by Visa. Dengan memakai cara ini, maka kartu kredit nasabah akan lebih terlindungi.

OTP tersebut akan dikirimkan melalui nomor telepon yang telah didaftarkan saat nasabah melakukan transaksi.Sedangkan MasterCard memberikan perlindungan kepada nasabah berupa Secure Code. Kode ini harus dimasukkan oleh nasabah saat melakukan transaksi online. Kode ini akan anda peroleh secara otomotis saat bertransaksi.

5. Biaya Transaksi yang Diberlakukan

Perbedaan antara Visa dan MasterCard terdapat pada biaya transaksi yang diberlakukan. Keduanya menetapkan biaya tambahan saat pengguna melakukan transaksi. Visa menetapkan viaya sebesar 1% dari total transaksi ketika pengguna melakukan transaksi di luar negeri. Sedangkan MasterCard menetapkan biaya yangberbeda-beda berkisar antara 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant yang terhubung.

Secara sekilas kartu kredit Visa dan MasterCard terlihat sama, namun setelah ditelisik keduanya memiliki beberapa perbedaan. Dengan mengetahui perbedaan tersebut anda akan lebih mudah menentukan jenis kartu kredit yang paling tepat. Meskipun fasilitas kartu kredit memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan transaksi, namun anda juga perlu memikirkan resikonya seperti hutang yang semakin menumpuk dan semakin menggunung.