Dengan berbagai karakter pemilik kendaraan roda dua yang berbagai macam, nyatanya modifikasi kendaraan yang satu ini memiliki sisi positif, yaitu dapat melatih tingkat kreativitas. Namun sebagian besar orang kerap melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal. Jika anda tertarik untuk melakukannya, simak hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Waspada Beberapa Hal Pilihan Saat Mengupgrade Tampilan

1. Pemilihan Tema Dan Model Sesuai Karakter

Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah pemilihan tema dan model. Point yang satu ini dapat menjadi wadah bagi kreativitas pemiliknya. Salah satu contoh temanya adalah tema dengan konsep elegan dan stylish yang dapat membuat pemiliknya terlihat menawan. Sebelum itu, modifikasi tetap harus sesuai dengan aturan yang telah berlaku.

Diperhatikan Saat Modifikasi Motor samurai cover

2.Tingkat Keamanan Mesin

Motor dengan performa yang baik sekalipun tetap harus diperhatikan tingkat keamanan mesinnya. Hal itu tentu bukanlah tanpa alasan. Upgrade dengan batasan modifikasi memiliki pengaruh besar terhadap laju kendaraan. Maka dari itu terdapat beberapa bagian yang tidak bisa asal dihilangkan begitu saja. Anda juga perlu melakukan koordinasi dengan montir terkait.

3. Pemilihan Mekanik Yang Tepat

Dengan banyaknya jenis motor yang beredar di pasaran, anda perlu memastikan jika memilih mekanik yang tepat. Mempunyai skill tinggi dengan pengalaman kerja dapat menjadi salah satu penilaian yang anda lakukan. Agar kenyamanan dapat tercipta antara berbagai pihak, kunci keberhasilannya adalah komunikasi dengan pelanggan.

4. Spare Part Yang Digunakan

Saat melakukan modifikasi motor dan mengganti spare part asli yang dimilikinya, maka sebaiknya disimpan. Suatu saat ketika muncul keinginan untuk merubah kembali pada modifikasi awal, maka anda tak perlu bingung dan cemas karena sparepart asli masih terjaga. Untuk merubah rangka sendiri diperlukan pengetahuan tentang konstruksinya.

Seperti halnya penggantian velg. Penggantian tersebut berpengaruh besar terhadap keseimbangan dan berbagai aspek motor lainnya. Keinginan mengubah secara ekstrim dapat muncul secara tiba tiba, dengan ini alangkah baiknya jika proses dilakukan menggunakan jenis sparepart khusus untuk variasi.

5. Memastikan Tak Melakukan Pembongkaran Pada Keseluruhan Mesin

Kunci dari hal yang harus diperhatikan yang satu ini adalah memastikan fungsi dari setiap komponen mesin yang ada. Apabila terjadi rusaknya mesin secara keseluruhan, maka dapat menimbulkan resiko tinggi. Sparepart akan menjadi lemah dan mudah aus. Selain kinerja motor, kenyamanan pengendara pun ikut terganggu.

6. Memperhatikan Fungsi Dan Kinerja

Hal ini tentunya menjadi suatu kewajiban yang harus anda lakukan selain memperhatikan beberapa hal terkait lainnya. Meskipun dalam kontes motor variasi dengan modifikasipun akan tetap diperhatikan kegunaan sebagaimana mestinya. Ketika fungsi dan kinerja berjalan dengan baik, keamanan dapat ikut terjamin.

Diperhatikan Saat Modifikasi Motor

7. Budget Yang Tersedia

Tentu hal yang patut diperhatikan lainnya adalah budget yang anda miliki. Karena semakin besar keinginan untuk merubah mekanik motor, budget yang harus dikeluarkan pun akan semakin besar. Sebelum melakukannya, anda dapat membuat rincian dan rencana matang agar biaya yang harus dibayar tak membengkak.

Penyesuain modifikasi biasanya akan dimulai dari bawah lalu ke atas. Patokan biaya bagi setiap mekanik berawal dari kaki motor. Setelah itu akan ada beberapa tahapan yang memang bertujuan untuk menghindari kondisi bodi motor agar tak berantakan. Berawal dari sini, mekanik akan menyesuaikan biaya yang harus anda keluarkan.

Nah 7 hal yang perlu diperhatikan tersebut patut untuk anda ingat saat memodifikasi kendaraan roda dua agar tidak mengalami sesuatu yang buruk. Baik secara nasional ataupun internasional, modifikasi kendaraan roda 2 yang satu ini memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi. Tak heran, kreativitas dapat terlatih dengan melakukannya.