Sebagai organ yang berfungsi untuk melihat dan kehadirannya tak bisa digantikan oleh organ lain, kesehatan mata menjadi hal yang krusial untuk dijaga. Ada beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa Anda terapkan.
Dengan tips ini mata Anda akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan yang berpotensi menyerang. Informasi tips dalam menjaga kesehatan mata yang paling ampuh dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini!
Tips Menjaga Kesehatan Mata
Konsumsi makanan sehat
Asupan makanan sehari – hari nyatanya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Agar indera penglihatan selalu sehat, usahakan agar Anda secara rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin E didalamnya.
Aneka ragam vitamin tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti wortel, sayuran hijau, ikan tuna, ikan salmon, telur, blackberry, buah jeruk dan kacang – kacangan.
Gunakan kacamata pelindung ketika Anda bekerja di depan laptop
Untuk Anda yang setiap harinya selalu berkecimpung dengan laptop, utamakan penggunaan kacamata untuk menunjang aktivitas Anda tersebut. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi resiko mata minus untuk Anda yang selalu produktif dengan laptop. Kacamata anti radiasi perlu Anda pilih sebagai perlindungan mata.
Sementara jika Anda sering beraktivitas di bawah terik matahari, menggunakan kacamata hitam selama beraktivitas perlu Anda lakukan. Kacamata hitam tidak hanya membuat Anda lebih bergaya, melainkan juga membantu menghambat paparan sinar ultraviolet mengenai mata.
Istirahatlah dari terlalu lama memandang layar komputer
Jika pekerjaan Anda memang berkaitan dengan aktivitas di depan laptop, hal ini dapat meningkatkan resiko kerusakan mata. Mata Anda akan mengalami ketegangan, pandangan kabur, nyeri leher, sakit kepala dan fokus menatap jauh.
Agar semua kondisi tersebut tidak Anda alami, pastikan Anda istirahat setiap 15 – 20 menit setelah memandang layar komputer. Dengan begitu mata yang tegang dan saraf serta anggota tubuh lain yang tegang dapat mengalami rileksasi kembali.
Jika mengalami masalah mata, jangan mengabaikannya
Jangan sekalipun Anda mengabaikan masalah pada mata. Jika mata Anda terasa gatal atau mata memerah pastikan agar Anda segera meneteskan obat pada dan kompres mata dengan air dingin. Jika kemudian Anda merasa seperti apa butiran pasir yang mengenai mata, bilas dengan sapu tangan atau tissue sampai bersih.
Jika sudah Anda atasi dengan cara di atas akan tetapi masalah pada mata tidak kunjung mereda, pastikan Anda konsultasikan masalah Anda ke dokter mata.
Periksakan kondisi kesehatan mata Anda secara rutin
Secara rutin melakukan pemeriksaan pada mata dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah mata mengalami kerusakan. Pemeriksaan mata bisa bermanfaat untuk memantau kondisi mata sejak dini sehingga jika ada masalah bisa ditangani sesegera mungkin.
Bagi pria atau wanita, tua atau muda, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mata ke dokter spesialis mata sekurang – kurangnya 2 tahun sekali. Sementara untuk Anda yang sehari – harinya memang sudah beraktivitas dengan laptop, lebih baik periksakan mata 1 tahun sekali. Jika memang ada kerusakan dan butuh penanganan, maka dokter spesialis mata akan segera memberikan informasi serta mencarikan solusi untuk mengatasi kerusakan pada mata Anda.
Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang perlu Anda terapkan. Utamanya untuk Anda yang bekerja dengan gadget atau laptop setiap harinya harus intens dalam memeriksakan kesehatan mata Anda.