Kondisi udara di bumi saat ini memang cenderung panas, terutama di kota kota besar yang padat penduduk. Tidak heran, di beberapa gedung perkantoran bahkan rumah telah pakai pendingin ruangan seperti AC. Alat satu ini jadi salah satu solusi agar ruangan tetap segar dan dingin serta membuat para penghuninya nyaman. Memakai ac inverter low watt ini perlu beberapa tips agar tagihan listrik di rumah tidak melonjak drastis. Yuk cek tipsnya di sini!

Tips Jitu Pakai AC Hemat di Rumah

1. PIlih AC Hemat Energi

Sebelum membeli alat elektronik, sebaiknya anda melihat secara detail spesifikasi yang menyusun perangkat tersebut. Caranya sangat mudah karena saat ini bisa anda akses secara online melalui internet. Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, pastikan anda memilih AC yang hemat energi karena dilengkapi kompresor dengan daya yang lebih kecil daripada AC standar.

ac inverter low watt Blue Star Multi

2. Hindari Mengatur Suhu Di Bawah 24 Derajat

Udara di dalam rumah memang harus dijaga dengan baik agar seluruh penghuni rumah merasa nyaman. Akan tetapi, pastikan tidak mengatur suhu di bawah 24 derajat celcius agar tagihan listrik tidak membengkak. Suhu AC yang rendah menyebabkan pemakaian listrik sangat boros daripada suhu yang normal. Buatlah batas minimum suhu penggunaan air conditioner di rumah di angka 24, jangan sampai lebih rendah daripada angka tersebut.

3. Rajin Membersihkan AC

Cara satu ini terkesan konyol dan dipandang remeh oleh sebagian orang karena belum tahu fungsi utamanya. AC yang kotor menyebabkan kinerja kompresor jadi lebih berat, sehingga membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi. Hal ini yang melatarbelakangi biaya listrik anda meroket secara drastis. Oleh sebab itu, pastikan membersihkan AC secara rutin paling tidak tiga bulan sekali agar sirkulasi di dalamnya terjaga dan alat elektronik ini lebih terawat.

4. Memasang Timer AC

Salah satu hal yang menyebabkan biaya listrik meningkat karena AC menyala tanpa ada orang di ruangan tersebut. Hal ini bisa diantisipasi dengan memasang timer yang dipasang di AC inverter low watt. Perangkat ini dilengkapi fitur canggih agar dapat mengatur waktu yang tepat untuk menggunakan AC atau tidak. Di saat tidak ada orang di rumah, sebaiknya air conditioner ini dimatikan agar membantu anda untuk lebih hemat listrik.

5. Hindari Buka Tutup Ruangan BerAC

Ruangan yang dilengkapi dengan AC sebisa mungkin tidak dibuka dalam jangka yang lama. Anda harus selalu memastikan ruangan dalam keadaan tertutup agar kinerja AC tidak berat untuk menstabilkan suhu ruang. Dalam kondisi pintu terbuka, hawa panas akan masuk sehingga anda tidak akan merasakan sirkulasi yang baik. Selain itu, kinerja AC jadi tidak maksimal dan membutuhkan daya yang besar untuk mendinginkan ruangan.

ac inverter low watt

6. Jangan Menyalakan AC yang Baru Mati

Sering kali melakukan kesalahan saat memencet tombol pada remote AC juga harus anda perhatikan. Hindari untuk langsung menyalakan ac yang baru saja dimatikan agar perangkat elektronik ini lebih tahan lama. Berikan jeda waktu beberapa menit agar oli kompresor dan freon kembali ke kompresor. Bila anda menekan tombol on secara langsung setelah AC mati, kemungkinan besar kompresor akan mengalami masalah dan menyebabkan kerusakan.

Ruangan yang terasa panas memang tidak menyenangkan, terutama saat berada di dalam rumah. Anda tidak bisa beraktivitas dengan leluasa bila hawa panas menyelimuti ruangan. Oleh sebab itu, penggunaan AC di dalam rumah terasa lebih solutif dan sangat tepat. Akan tetapi, perhatikan enam cara tersebut agar biaya listrik di akhir bulan tidak membengkak. Anda bisa lebih dulu memilih perangkat AC yang tepat, seperti memiliki fitur hemat energi.