Memiliki tubuh yang sehat akan dibarengi dengan kondisi fisik yang kuat pula. Selain asupan dari dalam tubuh, anda juga memerlukan aktivitas fisik seperti olahrga. Namun, kondisi seperti saat ini membuat sebagian jenis aktivitas fisik di luar ruangan tidak bisa dilakukan. Dikarenakan pandemi virus corona membuat orang-orang tidak dapat pergi keluar rumah. Berikut ini akan diulas jenis-jenis olahraga yang cocok di masa pandemi.

Jenis Aktivitas Fisik yang Cocok di Masa Pandemi

1. Jumping Jack

Aktivitas fisik satu ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah anda. Jumping jack terbilang aktivitas fisik yang mudah dan sederhana, karena tidak membutuhkan peralatan. Gerakannya yaitu pertama anda berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Kemudian angkat kedua lengan dengan cepat ke atas kepala samping sambil melompat. Lakukan gerakan ini ke berbagai arah dalam hitungan ke delapan.

Olahraga Pandemi

2. Lompat Tali

Gerakan lompat tali sangatlah mudah dan sangat cocok dilakukan saat masa pandemi seperti ini. Anda hanya membutuhkan sebuah tali khusus. Gerakannya yaitu pegang kedua sisi ujung tali dan biarkan bagian tengahnya menggantung. Kemudian ayunkan tali ke atas dan melintasi kepala. Lalu melompatlah ketika tali melewati bagian bawah tubuh anda. Lakukan gerakan ini berulang kali hingga anda merasa terbiasa.

3. One-Arm Burpee, Squat Thrusts, Squat Jumpts Onto Box

Yang ketiga ini memiliki tingkat kesulitan yang sedang daripada aktivitas fisik yang lainnya. Ketiganya ini berfokus pada kekuatan perut, dada, bahu dan kuadrisep. Sementara jenis aktivitas squat thrusts dilakukan dengan berdiri tegak lalu melakukan posisi push up. Sedangkan untuk squat jump onto box, cukup dengan melompat pada kotak box yang disediakan. Usahakan agar box tersebut kuat untuk bisa menopang tubuh kalian.

4. Sit Up

Menjadi salah satu jenis aktivitas fisik yang cocok dilakukan di masa pandemi, sit up bisa anda lakukan dengan gerakan yang cukup mudah. Pertama anda perlu berbaring dengan punggung menempel di lantai, tekuk lutut anda, dan tempelkan kaki ke lantai atau minta bantuan seseorang untuk memeganginya. Kemudian letakkan tangan di belakang kepala atau letakkan tangan secara menyilang di bahu. Tarik napas saat mengangkat tubuh bagian atas, dan hembuskan saat turun.

5. Yoga

Aktivitas yang satu ini bisa bermanfaat untuk kesehatan jiwa seseorang. Karena lebih memfokuskan pada ketenangan pikiran dan pernapasan. Dengan begitu, yoga sangat cocok sebagai sarana relaksasi, menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Yoga juga lebih terlihat seperti meditasi diri. Jenisnya yaitu hatha yoga, vinyasa yoga, bikram yoga, aerial yoga, TRX yoga, yogalates, dan acro yoga. Anda bisa memilih salah satu dan melakukannya di rumah.

Olahraga Pandemi Tingkatkan Daya Tahan tubuh

6. Straight-Arm Plank and Raise

Olahraga jenis satu ini terbilang mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu melakukan posisi push up di lantai dengan lengan berada di bawah bahu dan pinggul membentuk garis lurus. Kemudian rentangkan satu tangan tanpa menggerakkan badan dan berhenti sejenak. Lalu anda bisa kembali ke posisi semula. Dengan melakukan aktivitas satu ini, anda bisa melatih kekuatan tangan anda.

Itulah beberapa jenis aktivitas fisik yang bisa anda lakukan saat masa pandemi seperti ini. Berbagai aktivitas tersebut sangat cocok dan diyakini bisa membuat tubuh anda lebih sehat serta bugar kembali. Dengan begitu, daya tahan tubuh anda bisa meningkat dan anda bisa membuat tubuh anda menangkal berbagai jenis penyakit terutama virus corona yang sedang mewabah ini.