Saham merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati karena menawarkan keuntungan yang berlimpah. Kegiatan investasi saham bahkan memberikan cara yang mudah karena bisa dilakukan secara online. Bagi anda yang tertarik untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia, berikut beberapa hal yang harus dipahami.

Cara Membeli Saham Yang Harus Diperhatikan

1. Membuat Rekening Saham

Penawaran investasi saham tidak seharusnya langsung diterima dengan mentah. Tentunya, anda harus mempelajari beragam instrumen, keuntungan dan risiko yang akan dihadapi dalam menjalankan investasi ini. Kemudian, anda bisa langsung membuat rekening saham jika sudah mantap untuk menekuni dunia ini.

Bursa Efek Indonesia

Pembuatan rekening ini juga dapat dilakukan dengan mudah sebagaimana pembukaan rekening tabungan. Bahkan, anda juga bisa menemukan berbagai perusahaan sekuritas untuk melakukan pembuatan rekening ini. Anda bahkan bisa memilih pembuatan rekening secara offline maupun online untuk rekening saham tersebut.

Pembuatan rekening saham secara offline dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang sekuritas yang anda di sekitar anda. Begitu pula, anda bisa langsung membuka laptop, komputer dan smartphone untuk membuat rekening saham secara online. Tentunya, anda harus menyiapkan berbagai berkas yang harus disiapkan dalam pembuatan ini.

2. Menyetor Saldo Pertama

Sebagaimana rekening tabungan, anda juga harus menyetorkan sejumlah uang sebagai saldo pertama ke dalam rekening saham. Saldo tersebut bahkan bisa menjadi salah satu modal investasi yang bisa anda gunakan. Tentunya, besaran biaya yang dibayarkan pada rekening ini sangat ditentukan oleh kebijakan perusahaan sekuritas yang anda pilih.

Penyetoran dana ini pun dapat dilakukan dengan mudah. Tentunya, anda bisa melakukan transfer maupun penyetoran biaya langsung untuk mendapatkan ID, password dan pin yang bisa anda gunakan untuk log-in kea kun saham. Dengan melakukan hal ini, anda sudah dapat secara resmi menjadi bagian dari pasar modal atau investor.

3. Pilih Saham Yang Akan Dibeli

Selain itu, Bursa Efek Indonesia juga menyediakan berbagai macam saham yang bisa anda pilih. Anda sebaiknya perlu melakukan kegiatan analisis teknis dan fundamental terlebih dahulu dalam membeli saham untuk memperoleh hasil yang menguntungkan. Tentunya, anda harus mengetahui kondisi suatu perusahaan dan target perkembangan sebelum memiliki sahamnya.

Bursa Efek Indonesia ini

Begitu pula, anda juga harus memperhatikan grafik harga saham untuk mengatur timing yang tepat. Bahkan, membeli saham juga harus diperhatikan dengan teliti. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan saham dan permainan dunia saham yang harus dipertimbangkan agar tidak mengalami kerugian.

4. Mulai Membeli Saham

Setelah anda menentukan berbagai analisa dan pertimbangan secara spesifik, maka pembelian saham sudah bisa dilakukan. Pembelian saham ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui broker atau pialang saham dan secara online. Pembelian saham melalui broker dapat dilakukan dengan memberikan perintah melalui telepon maupun membeli secara langsung di kantor pialang.

Begitu pula, anda juga bisa langsung membeli saham secara online dengan melakukan input ID dan berbelanja di dunia saham. Kondisi ini dapat dilakukan menggunakan laptop, komputer dan smartphone yang dimiliki karena proses pembelian saham secara online ini sudah disediakan dalam bentuk software maupun aplikasi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pembuatan saham hingga proses pembeliannya. Meskipun kegiatan investasi saham memberikan janji keuntungan yang berlimpah, anda juga harus berhati-hati dalam menyelami dunia ini. Oleh karena itu, memantau pergerakan saham adalah cara yang tepat dalam melakukan keputusan kedepannya.