Saat ini di Indonesia sudah mulai diterapkan new normal dan semua kegiatan sudah mulai dilakukan kembali seperti biasanya. Akan tetapi pada kondisi new normal ini terdapat sedikit perbedaan dari biasanya, yaitu semua orang yang beraktivitas diluar rumah diwajibkan untuk memakai masker dan selalu menjaga jarak. Tak hanya kebersamaan, berikut beberapa panduan lain yang harus dilakukan saat masa new normal.

Panduan Menjalani Hidup New Normal

1. Ketika Berbelanja

Bila kamu harus berbelanja membeli bahan makanan, kemungkinan kamu akan bertemu dengan banyak orang. Ingat, selalu terapkan physical distancing saat berada diluar rumah dan selalu jaga jarak setidaknya 1 meter. Batasi untuk tidak menyentuh barang-barang di toko maupun di tempat umum. Setelah menyentuh barang-barang tersebut, jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi.

Kebersamaan Virus Corona

Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko terkontaminasi virus Corona. Selain itu, usahakan untuk tidak berlama-lama saat belanja. Catat barang-barang apa saja yang perlu dibeli dan langsung ke kasir ketika semua sudah Anda dapatkan. Hal ini pun berlaku bila kamu dan keluarga makan di restoran. Ketika makan, kamu tentu harus melepas masker. Jadi, pilihlah tempat makan dengan ventilasi yang baik agar ada pertukaran udara di tempat tersebut.

Selalu jaga jarak dengan orang lain, termasuk pramusaji, pengunjung lain, dan kasir. Saat membayar, harap gunakan metode pembayaran non tunai untuk mencegah polusi. Namun, jika tidak memungkinkan, pastikan untuk langsung mencuci tangan setelah memegang uang ataupun kartu dan jangan menyentuh permukaan wajah jika belum mencuci tangan.

2. Ketika Sedang Bekerja Di Kantor

Awal dari masa new normal ini akan memungkinkan karyawan secara bertahap kembali bekerja di kantor setelah bekerja di rumah selama beberapa bulan.. Nah, agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona di tempat kerja, kamu perlu menerapkan physical distancing dalam setiap kegiatan di kantor. Ketika beraktivitas di meja kerja ataupun saat rapat, pastikan jarak antar kursi minimal 1 meter.

Bila ada rekan kerja yang duduk dengan jarak kurang dari itu, jangan ragu untuk menegur dan mengingatkannya agar menjaga jarak. Begitu juga saat makan siang. Jika sebelumnya kamu terbiasa makan di kantin, sementara ini usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah agar kamu tidak perlu ke tempat yang ramai untuk membeli makanan. Saat makan siang bersama di kantor pun tetap jaga jarak dengan rekan-rekan sekantor.

Jika kamu sakit, maka mintalah izin untuk tidak pergi bekerja, atau bekerja di rumah untuk jangka waktu tertentu jika memungkinkan. Jika kondisi sudah memungkin maka kamu bisa mulai masuk dan bekerja seperti biasanya. Saat sedang sakit hindari untuk berkumpul dengan anggota keluarga dan lakukan isolasi mandiri. Setelah kondisi membaik maka kamu bisa mengulang momen kebersamaan bersama keluarga tercinta.

3. Ketika Sedang Menggunakan Transportasi Atau Angkutan Umum

Bila kamu harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menerapkan langkah pencegahan dasar. Untuk memudahkanmu dalam menjaga kebersihan tangan, bawalah selalu hand sanitizer. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Selain itu, harap pastikan untuk membawa botol air agar kamu tetap terhidrasi selama perjalanan.

Kebersamaan Virus Corona Penyebaran Virus Corona

Yang paling penting untuk diingat selama berada di dalam transportasi umum adalah mengurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain. Jika tidak memungkinkan, angkutan umum tidak boleh digunakan. Selalu bawa antiseptik atau hand sanitizer untuk digunakan setelah turun dari berkendara, dikhawatirkan tidak ada tempat cuci tangan di sekitar area pemberhentian.

Itulah beberapa panduan yang bisa kamu lakukan saat masa new normal seperti saat ini agar tetap terhindar dari virus Corona. Jika tubuh muncul gejala dari infeksi virus ini maka segera hubungi hotline Covid-19 yang terdekat dengan lokasi kamu berada. Jangan ambil tindakan sendiri dengan membiarkannya tanpa mendapat penganan dari tim medis.