Banyak orang terutama yang merupakan pecinta kuliner tentu tahu ayam goreng kalasan. Ayam goreng tersebut sendiri merupakan salah satu masakan khas daerah istimewa Yogyakarta tepatnya di wilayah Kalasan, kabupaten Sleman. Asalnya yang dari wilayah tujuan wisata ini mungkin salah satu hal yang membuatnya tenar hingga ke seluruh penjuru nusantara.

Ayam goreng yang satu ini memang secara tampilan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan ayam goreng pada umumnya terutama ayam goreng kampung yang dimasak secara tradisional. Tetapi yang membuatnya berbeda kabarnya adalah cita rasa khas dan seolah menciptakan karakteristik tersendiri yang cukup berbeda dengan ayam goreng yang lain.

Ciri Khas Ayam Goreng Asli Kalasan

Kebanyakan orang yang telah menikmati lezatnya ayam goreng khas kalasan ini mengatakan bahwa ayam goreng tersebut memiliki ciri khas yang belum tentu dijumpai pada ayam goreng lainnya. ciri khas yang dimaksud yaitu rasa gurihnya yang begitu menempel di lidah siapa saja yang memakannya. Tentu sudah bukan merupakan rahasia lagi jika rasa gurih dari makanan-makanan yang digoreng adalah puncak kenikmatan atas makanan itu sendiri.

Resep Ayam Goreng Kalasan Yang Menggugah

Selain karena gurihnya si ayam goreng ini, ciri khas lainnya adalah tentang kremesnya yang sangat krispi. Jika krispi yang dibayangkan adalah layaknya krispi ayam goreng tepung, maka tentu berbeda. Krispi yang dimaksud di sini adalah bagian-bagian kering dari ayam seperti kulitnya yang mampu dengan sedemikian rupa dibuat begitu krispi.

Resep Mudah Memasak Ayam Goreng Kalasan

Bagi para pembaca sekalian yang hendak mencoba memasak salah satu masakan ayam goreng palig populer ini, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan.

1.1 ekor ayam yang sebaiknya merupakan ayam kampung
2.500 gram lengkuas yang diparut hingga menjadi serabut
3.3 batang serai
4.6 daun jeruk
5.3 daun salam
6.Beberapa butir jeruk nipis sesuai selera
7.Air secukupnya
8.15 butir bawang merah
9.12 butir bawang putih
10.Sedikit kunyit, sekitar 2 ruas ibu jari
11.Satu sendok the kemiri yang telah disangrai
12.2 sendok makan ketumbar
13.Sejumput garam dan merica

Apabila bahan-bahan di atas telah terkumpul, maka langkah selanjutnya tinggal mengolahnya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Resep Ayam Goreng Kalasan Yang Menggugah Selera ayam goreng kalasan sambal tomat

1.Cuci terlebih dahulu ayam yang sudah dipotong hingga benar-benar bersih
2.Teteskan beberapa tetes perasan jeruk nipis pada ayam yang telah dicuci dan tunggu sekitar 30 menit
3.Sambil menunggu jeruk nipis terserap, haluskan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya, dimana hal ini sebaiknya dilakukan secara terpisah untuk tiap-tiap bahan
4.Tumislah bumbu yang telah halus tadi pada wajan berisi sedikit minyak. Disarankan untuk menumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu baru kemudian bahan yang lainnya
5.Ketika aroma sedap sudah tercium dan bumbu yang ditumis telah tampak berwarna kuning maka artinya si bumbu sudah siap
6.Langkah selanjutnya tinggal ungkep ayam bersama bumbu yang telah siap tadi hingga ayam matang
7.Setelah ayam matang, segera pisahkan antara ayam dan bumbu tersebut
8.Ayam bisa langsung digoreng sebentar hingga warnanya kecokelatan khas ayam goreng

Dengan resep ayam goreng kalasan di atas, semoga dapat menjadi jawaban bagi banyak pembaca sekalian terutama yang memang sedang mencari resep sederhana untuk masakan yang satu ini. Dengan ketekunan dan kepiawaian dalam mengolah bumbu, tentu ayam goreng khas kalasan yang begitu menggugah selera benar-benar dapat tercipta.