Lemari es atau kulkas adalah salah satu kebutuhan yang bukan lagi termasuk dalam barang mewah. Kulkas menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat kalangan bawah, menengah hingga ke atas. Kondisi ini mengakibatkan banyak sekali inovasi baru mengenai perkembangan kulkas hari ini. Kulkas hingga hari ini memiliki dua tipe yaitu kulkas satu pintu dan dua pintu. Bagi anda yang ingin membeli kulkas aqua 1 pintu, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Kelebihan Menggunakan Kulkas Satu Pintu

Kulkas yang memiliki satu pintu memiliki kelebihan berupa harga yang relative murah dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Anda tidak akan bingung harga jika memilih kulkas dengan satu pintu saja. Namun jangan khawatir karena kualitas yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan kulkas dua pintu. Hanya dengan uang kurang lebih satu jutaan anda sudah bisa membawa pulang kulkas baru satu pintu tersebut.

plus minus kulkas aqua 1 pintu ini

Selain sangat pas di kantong, kulkas satu pintu juga sangatlah hemat daya listrik. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika harus membayar listrik lebih mahal. Hal ini karena kulkas satu pintu memiliki kompresor yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Tentunya listrik yang dibutuhkan juga tidak banyak hanya mencapai 150 watt hingga 350 watt saja.

Yang harus digaris bawahi jika menggunakan kulkas Aqua 1 pintu, maka biaya service akan sangat murah. Kemudahan untuk perawatan kulkas dari kerusakan bisa menjadi pertimbangan untuk membeli kulkas satu pintu ini. Perawatan yang mudah ini karena memiliki alat kelistrikan yang sedikit daripada kulkas dua pintu yang memiliki banyak sistem kelistrikanya. Hal ini juga yang membuat kulkas satu pintu menjadi lebih irit dibandingkan dengan kulkas dua pintu.

Kekurangan dari Kulkas Satu Pintu

Namanya kelebihan pasti ada kekurangan, begitu juga dengan kulkas satu pintu tersebut. Untuk kulkas satu pintu ini anda akan menemukan kapasitas yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Umumnya kulkas satu pintu hanya akan muat untuk barang barang berukuran kecil. Selain berukuran yang lebih kecil, kulkas berukuran satu pintu juga memiliki kumpulan salju yang lebih banyak.

plus minus kulkas aqua 1 pintu salju

Sehingga anda harus rajin untuk membersihkan es salju tersebut. Berbeda dengan kulkas dua pintu yang sudah dilengkapi dengan frost free yang lebih mudah dalam merawatnya. Namun hal ini bukanlah menjadi persoalan, karena anda hanya harus membersihkan es salju tersebut. Kekurangan lain yang dimiliki oleh kulkas satu pintu adalah presentase kerusakan yang jauh lebih tinggi dan sering eror.

Biasanya kulkas satu pintu akan memiliki masalah pada freon yang sering bocor dan thermostat sering macet. Berbeda dengan kulkas dua pintu yang lebih awet karena sudah menggunakan teknologi yang lebih baik. Sehingga kulkas satu pintu akan lebih banyak service dan perawatan dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Anda harus rajin untuk melakukan perawatan ke tukang service yang terpercaya agar kulkas awet digunakan.

Jika anda ingin memilih untuk menggunakan kulkas satu pintu, maka ada baiknya anda mengetahui tips untuk memilihnya. Tips yang pertama adalah memilih merek terkenal sehingga anda bisa percaya akan kualitas produk tersebut. Selanjutnya anda juga harus memilih kulkas yang menyediakan garansi dan service. Sehingga jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada kulkas anda bisa diganti rugi.

Itulah beberapa ulasan mengenai plus minus menggunakan lemari es satu bisnis. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kulkas satu pintu karena lebih hemat meskipun memiliki kapasitas yang kecil. Selain itu pilihlah kulkas yang sesuai dengan kebutuhan anda sehingga bisa digunakan secara maksimal. Anda juga harus memilih merek kulkas yang sudah terkenal dan banyak digunakan sehingga memiliki garansi untuk lemari es tersebut.