Kalender 2019 hanya menyisakan beberapa hari lagi, selanjutnya akan digantikan dengan kalender 2020. Sebagian orang biasanya merencanakan banyak hal sebelum tahun baru datang, salah satunya adalah liburan. Apalagi pemerintah sudah melaksanakan rapat dan membuat kesempatan mengenai hari libur di tahun 2020. Berikut ini keistimewaan kalender libur 2020.

Terdapat 16 Hari Libur Nasional

Pada tahun 2020, pemerintah sudah sepakat untuk menetapkan jumlah hari libur nasional. Terdapat 16 hari libur nasional di tahun depan, namun jumlah itu belum termasuk cuti bersama. Di bulan Januari, hari libur jatuh pada tanggal 1 yang bertepatan dengan hari rabu, dan tanggal 25 yang bertepatan dengan hari sabtu. Agar dapat menikmati liburan yang panjang di awal tahun, anda bisa mengambil cuti pada tanggal 2-3 Januari .

Jika hari sabtu dan minggu adalah weekend, maka anda bisa menikmati liburan dalam waktu 5 hari, mulai dari hari rabu hingga hari minggu. Dengan waktu liburan yang cukup panjang ini, anda bisa merencanakan travelling ke tempat yang lebih jauh.Sedangkan hari libur tanggal 25 Januari tidak terlalu berpengaruh, karena tanggal merah tersebut sudah masuk hari weekend.

Persiapkan Liburan Jauh-Jauh Hari, Yuk Intip Kalender Libur 2020

Namun pada kalender libur 2020, anda tidak akan menemukan tanggal merah pada bulan Februari. Baru memasuki bulan Maret, terdapat 2 hari libur yaitu pada tanggal 22 yang bertepatan dengan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAWdan 25 yang bertepatan dengan hari suci nyepi tahun baru saka 1942. Pada bulan April libur nasional wafat Isa Al Masih jatuh pada tanggal 10. Sedangkan Tanggal merah bulan Mei jumlahnya cukup banyak yaitu pada tanggal 7, 21 dan 24-25 Mei.
Memasuki bulan Juli, tanggal merah hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31. Sedangkan pada bulan Agustus, anda bisa menikmati liburan di tanggal 17 dan 20. Pada bulan Oktober dan Desember, hari libur nasional hanya satu hari saja yaitu tanggal 29 oktober yangbertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan tanggal 25 Desember bertepatan dengan Hari Raya Natal.

Memanfaatkan Cuti Untuk Menikmati Liburan yang Panjang

Tidak semua hari libur di tahun 2020 mendekati akhir pekan. Namun, anda tetap bisa menikmati liburan yang cukup panjang dengan mengambil cuti. Contohnya pada bulan Maret yang memiliki 2 tanggal merah, yaitu pada tanggal 22 Maret dan 25 Maret. Tanggal 22 Maret merupakan hari Minggu, sedangkan tanggal 25 Maret jatuh pada hari Rabu. Anda bisa menikmati liburan penuh di pekan tersebut dengan mengambil cuti pada tanggal 23-27 Maret.

Pada bulan Mei, anda bisa merencanakan liburan selama 4 hari mulai dari tanggal 7 hingga 10 Mei. Tanggal 7 merupakan libur nasional karena bertepatan dengan hari raya Waisak, sehingga anda bisa mengambil cuti di tanggal 8 Mei. Atau jika ingin merencanakan liburan yang panjang di bulan Agustus, anda bisa memanfaatkan tanggal merah pada 17 dan 20 Agustus dengan mengambil cuti pada tanggal 18-19 Agustus.

Bagi anda yang ingin menikmati liburan panjang di Bulan Desember, anda bisa mengambil cuti beberapa hari mendekati tanggal merah. Hari libur nasional pada bulan Desember jatuh pada tanggal 25, sedangkan tanggal 24 biasanya cuti bersama. Dengan mengambi jatah cuti pada tanggal 21-23 Desember, anda bisa menikmati liburan selama sepekan penuh.
Hari Libur merupakan waktu yang banyak dinanti oleh para karyawan baik pegawai negeri maupun swasta. Merencanakan liburan yang panjang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sehingga anda bisa melakukan persiapan dengan baik. Dengan melihat kalender libur tahun depan, anda bisa menentukan tanggal berapa anda akan mengambil cuti, sehingga anda bisa menikmati waktu liburan lebih lama.