Saat ini banyak orang yang sering melakukan komunikasi dengan video call. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk video call adalah whatsapp. Sayangnya melakukan panggilan video WA melalui smartphone tidak bisa menampilkan layar yang lebih lega, berbeda dengan laptop yang memiliki layar lebih besar. Namun aplikasi berbasis desktop belum dilengkapi dengan fitur ini sehingga dibutuhkan cara video call Whatsapp di laptop seperti berikut ini.

Langkah Mudah Melakukan Panggilan Video WA Melalui Laptop

1. Mengunduh Aplikasi BlueStacks

Agar bisa melakukan panggilan video WA maka anda membutuhkan aplikasi bantuan yaitu BlueStacks. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa ditemukan dalam online installer maupun offline installer. Agar mendapatkan versi terbaru sebaiknya anda memakai online installer saja. Untuk ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar yaitu hanya 900 KB dan pada saat proses instalasi, aplikasi ini akan mengunduh komponen yang lain.

cara video call whatsapp di laptop WhatsApp Icon Android Feature

2. Proses Instalasi Aplikasi

Setelah melakukan pengunduhan maka langkah selanjutnya yaitu melakukan install BlueStacks installer. Langkahnya sangat mudah yaitu dengan membuka aplikasi BlueStacks kemudian jika sudah terbuka lakukan proses instalasi dengan klik Install now. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu proses instalasi hingga selesai. Selain itu, anda juga perlu mengunduh data sebesar 534 MB sehingga anda hanya perlu memastikan agar jaringan internet kuat atau anda juga bisa memakai WiFi.

3. Masuk dengan Akun Google

Jika proses instalasi sudah selesai maka anda akan diminta untuk melakukan login terlebih dahulu.Di sini anda melakukan login dengan menggunakan akun Gmail. Mengingat login ini merupakan hal wajib sehingga anda tidak boleh melewatkan langkah satu ini. Di sini anda perlu membuka Google Play Store agar dapat menginstall aplikasi WA. Tentunya langkah satu ini sangat mudah dilakukan asal sebelumnya anda sudah memiliki akun Google.

4. Lakukan Konfigurasi Whatsapp

Cara video call whatsapp di laptop selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi whatsapp. Cara perta yaitu dengan membuka Google Play Store di BlueStacks terlebih dahulu. Selanjutnya anda perlu mencari dan menginstall aplikasi Whatsapp Messenger. Apabila sudah diinstall maka selanjutnya yaitu membuka aplikasi tersebut. Setelah itu anda perlu klik Agree and Continue atau Setuju dan lanjutkan kemudian lakukan pendaftaran seperti ketika mendaftar WA di android.

cara video call whatsapp di laptop video call whatsapp di laptop

Setelah muncul tulisan Welcome to Whatsapp dan terdapat tombol Agree and Continue maka anda bisa melanjutkan dengan klik tombol tersebut. Hal ini bertujuan untuk memunculkan kontak anda di aplikasi Whatsapp. Setelah itu, anda akan menemukan kontak anda tertampil di laptop. Dengan demikian langkah keempat dapat dikatakan sudah selesai dan anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

5. Melakukan Panggilan Video

Apabila tahapan yang telah disebutkan diatas telah selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan panggilan video di laptop. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggeser tab Calls (Panggilan) kemudian klik icon telepon plus yang berada di pojok kanan bawah. Selanjutnya anda bisa mencari kontak yang ingin divideo call. Setelah muncul pemberitahuan untuk mengizinkan WA mengakses mikrofon dan kamera, anda bisa klik continue untuk melakukan panggilan video.

Cara melakukan panggilan video di WA sangat mudah bukan? Namun perlu diingat jika sebelumnya anda harus menyiapkan akun google untuk melakukan login. Jika selesai membuat akun whatsapp, anda bisa mengganti tema akun anda jika ingin mendapatkan tampilan yang baru dan tidak membosankan. Jika anda melakukan langkah ini dengan cermat dan urut tentu cara melakukan panggilan video ini akan berhasil.