Banyak bisnis owner yang masih masuk dalam kategori usaha kecil bertanya-tanya apakah alat PABX perlu dipasang di kantor. Jika iya, PABX seperti apa yang bagus untuk dipasang di kantor. Sebagian bahkan tidak mengerti bagaimana cara memilih merk maupun tipe dari PABX yang harus dibeli, dan hanya bergantung pada informasi yang ditawarkan oleh penjual saja. Selain mempertimbangkan harga PABX Murah, berikut beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli PABX

1. Berapa Banyak Karyawan yang Menggunakan

Trunk line atau bisa juga disebut dengan CO line merupakan jumlah koneksi untuk komunikasi yang keluar, bisa koneksi Telkom atau PSTN. Sedangkan extension merupakan jumlah telepon extension yang akan dipasang. Dan jumlah ini tergantung dengan jumlah karyawan yang akan memakai telepon tersebut. Untuk kebutuhan CO line pada setiap kantor akan berbeda, tergantung dari seberapa sering dan banyak bagian atau divisi yang memerlukan.

tips memilih PABX Murah karyawan

2. Rencana Penambahan Karyawan dan Pemakaian Telepon di Masa yang Akan Datang

Beberapa tipe PABX begitu fleksibel dalam hal kapasitas, sehingga sangat mungkin untuk dilakukan penambahan kapasitas CO line serta extension. Hal ini dilakukan hanya dengan menambahkan expansion card saja. Jadi, jika anda memiliki rencana pengembangan maka sebaiknya memilih alat PABX yang memiliki fitur untuk menambahkan CO line serta expansi kapasitasnya. Sehingga anda tidak perlu mengganti PABX yang anda miliki, dengan alat yang baru.

3. Anggaran Dana yang Dimiliki

Jika aktivitas telepon memiliki frekuensi yang tinggi dan tidak ada keterbatasan biaya, maka sebaiknya anda memilih merk PABX yang sudah sejak lama memang terkenal dan digunakan banyak orang. Seperti PABX Panasonic atau NEC. Sebaliknya, jika pemakaian telepon keluar masuknya tidak sering dan ada keterbatasan anggaran. Maka ada baiknya untuk memilih merk lain seperti Vitaphone, Verophone, PABX Favorite, atau Sahitel.

Harga alat PABX merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih alat mana yang akan dibeli. Setiap orang biasanya mencari harga yang paling murah, namun selain harga PABX murah, anda juga perlu memperhatikan kualitas dari PABX tersebut. Terkadang PABX yang memiliki harga lebih murah dengan konfigurasi dan beban yang sama, tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik bila dibandingkan dengan PABX yang jauh lebih mahal.

4. Setiap Merk dan Tipe Memiliki Fungsi Tambahan

Anda juga perlu tahu bahwa setiap merk dan tipe PABX bisa saja memiliki fungsi tambahan yang berbeda-beda, selain melakukan pengaturan panggilan. Sehingga saat akan membeli PABX, anda perlu mengetahui fitur-fitur apa saja yang sekiranya anda butuhkan. Jangan sampai membeli PABX yang memiliki berbagai macam fitur dengan harga yang mahal, padahal fitur tersebut ternyata tidak dibutuhkan.

tips memilih PABX Murah Tipe berbeda

Fitur-fitur tersebut antara lain seperti call transfer, caller ID, call conferencing, auto attendant, dan call forwarding. Contohnya pada PABX Panasonic TES 824 yang kini banyak digunakan untuk small bisnis. PABX ini memiliki kapasitas minimum 3 CO line dan 8 extension dengan harga kisaran 2 hingga 3 jutaan. Namun dapat diupgrade menjadi kapasitas maksimum 8 CO line dan 24 extension dengan cara menambah card expansion.

Itulah beberapa tips atau hal yang perlu anda perhatikan ketika berencana membeli alat PABX untuk kantor. Sesuaikan jenis dan tipe alat yang akan dibeli tersebut dengan kebutuhan anda dan para karyawan lainnya, agar anda tidak rugi. Sesuaikan juga dengan anggaran dana yang anda miliki, jangan sampai memaksakan diri untuk membeli PABX dengan harga mahal yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.