Kulkas adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan. Dengan adanya kulkas di dalam rumah tangga tentu akan membantu untuk mengawetkan makanan. Di era teknologi hari ini terdapat dua pilihan kulkas yang digunakan yaitu kulkas side by side dan kulkas 2 pintu. Kedua macam kulkas ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya yuk simak kelebihan dan kekurangan dari masing masing kulkas tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Side By Side

Salah satu kelebihan dari kulkas side by side adalah kapasitas dan penampilan yang lebih menawan dibandingkan kulkas lainnya. Kulkas side by side ini memiliki tampilan yang stylish dan kokoh serta warna yang menawan. Jika anda membuka bagian dalamnya, maka anda akan mendapati bagian dalam yang berkualitas. Kapasitas ruang penyimpanannya pun juga cukup untuk menampung seluruh makanan keluarga.

Kulkas Side By Side VS 2 Pintu Pilih Mana Kulkas LG atau Kulkas Samsung

Kulkas side by side juga cocok untuk membantu keluarga mengurangi limbah makanan. Model side by side memiliki banyak rak, pintu sampah dan crispers pada bagian lemari pendingin ataupun freezer. Selain itu kulkas ini juga hemat energi dan sistem pendingin yang canggih untuk membuat bahan makanan segar lebih lama. Kulkas ini juga memiliki alarm pintu yang akan memberi peringatan pada anda jika sudah membuka pintu terlalu lama.

Selain memiliki kelebihan tersebut, kulkas side by side juga memiliki beberapa kekurangan. Anda akan membutuhkan banyak energi listrik untuk mengoperasikannya sehingga tagihan listrik pasti akan bertambah. Selain itu karena memiliki ukuran body yang lebih besar, maka sudah pasti membutuhkan space yang lebih besar untuk meletakkannya di dapur. Anda juga harus membayar dengan ongkos mahal jika kulkas mengalami kerusakan.

Kelebihan Kulkas Dua Pintu yang Wajib Anda Tahu

Kulkas dua pintu adalah salah satu model yang berbeda dari konsep kulkas satu pintu. Kulkas 2 pintu sangat memungkinkan anda untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang relatif lebih besar. Demikian pula makanan yang berukuran besar sekalipun tetap bisa muat untuk masuk ke dalamnya. Efek pendinginan kulkas ini juga lebih besar dibandingkan dengan kulkas satu pintu. Suhu yang lebih dingin akan memungkinkan anda untuk menyimpan makanan lebih lama.

kulkas low watt terbaik Kulkas Side By Side VS 2 Pintu

Selain itu juga makanan akan jauh lebih higienis karena lebih terjaga dari kuman dan bakteri yang berbahaya untuk tubuh. Dalam lemari es dua pintu, anda akan menemukan kemudahan berupa freezer yang lebih luas. Lemari es ini memang menyediakan ukuran freezer yang lebih besar untuk menyimpan beberapa makanan dalam jumlah banyak dan ukuran makanan lebih besar. Anda bisa puas menyimpan makanan di dalam kulkas dua pintu dan tidak perlu khawatir makanan tidak tahan lama.

Selain memiliki kelebihan, kulkas dua pintu juga memiliki kekurangan yang harus anda ketahui. Jika anda menggunakan kulkas ini maka anda akan membutuhkan konsumsi listrik yang jauh lebih besar dari biasanya. Pasalnya kulkas memiliki fitur yang lebih lengkap dan juga model yang sulit untuk dicari. Anda bisa menggunakan kulkas ini untuk menyimpan makanan dalam jumlah banyak untuk persediaan selama beberapa hari kedepan.

Baik kulkas dua pintu ataupun kulkas side by side memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Namun keduanya sama sama memiliki kelebihan dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Sehingga anda bisa menyimpan makanan lebih awet dan tahan lama dari biasanya. Namun meskipun memiliki kelebihan, anda juga harus menerima resiko tagihan pembayaran listrik yang lebih besar dari sebelumnya.