Saat ini, untuk mendukung aktivitas manusia agar bisa dilakukan semakin cepat, maka dikembangkannya sebuah teknologi digital. Teknolog ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan segala sesuatu dengan sistem digital. Sehingga, proses yang dijalani menjadi lebih cepat.

Hal ini juga berlaku pada lembaga keuangan seperti Bank. Menilik teknologi yang digunakan oleh Bank selama beberapa dekade lalu dengan sekaran tentulah berbeda. Hal ini dikarenakan setiap Bank berusaha mengembangkan sistem dan teknologi terbaik. Sehingga, mereka bisa memberikan pelayanan yang terbaik, aman dan cepat bagi para nasabah. Hal ini tentu akan meningkatkan antusias dari para nasabah untuk mempercayakan uang mereka kepada bank tersebut.

BRI TECH

Salah satu bank yang ada di Indonesia yang terus melakukan perbaikan terhadap teknologi yang mereka miliki adalah BRI. Bank ini memiliki tim khusus yang bertugas untuk mengembangkan teknologi yang mereka miliki dan disebut dengan BRI TECH. Sampai sejauh ini, ada banyak teknologi yang telah dikembangkan oleh BRI dan sangat bermanfaat bagi para nasabah. Salah satunya adalah Robot Chatbot Sabrina. Robot ini pertama kali dirilis oleh BRI pada tahun 2018. Apa fungsi dari Robot Chatbot Sabrina? Salah satu fungsi utama dari Robot Chatbot Sabrina adalah sebagai asisten virtual yang akan melayani nasabah BRI seperti pelayanan customer service pada umumnya. Robot Sabrina akan melayani dan membalas chat dari nasabah lewat beberapa platform media seperti WhatsApp dan Messenger dari Facebook. Para nasabah bisa menanyakan kendala yang mereka miliki pada Robot Chatbot Sabrina seperti produk yang ditawarkan oleh BRI, promo yang sedang berlangsung di BRI, kantor cabang BRI yang paling dekat dengan lokasi nasabah, serta beberapa kendala lain terkait transaksi keuangan yang dilakukan oleh nasabah. Untuk mengembangkan Robot Chatbot Sabrina, BRI menggunakan teknologi terbarukan yang disebut dengan Artificial Intelligence (AI). Di dalam AI, ada beberapa teknologi lain yang digunakan. Salah satunya adalah Natural Language Processing (NLP) yang memungkinkan Robot Chatbot Sabrina dapat memproses Bahasa manusia dan membalasnya sesuai dengan informasi yang ada.

BRI TECH Beberapa aplikasi di Playstore Google milik Bank BRI hati-hati ada beberapa bukan milik BRI

Selain Robot Chatbot Sabrina, BRI TECH juga mengembangkan teknologi lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada nasabah yaitu Apigee. Teknologi ini menjadi salah satu komponen utama dalam teknologi digital BRI. Sama seperti Robot Chatbot Sabrina, Apigee juga dirilis sejak tahun 2018 dan telah berkontribusi pada pengembangan Application Programming Interface (API) yang menjadi salah satu keunggulan utama dari pelayanan transaksi keuangan digital oleh BRI. Pengembangan Apigee tentu tidak dilakukan secara sembarangan. Apigee dibuat dan dikembangkan oleh tim yang ahli dalam pengembangan teknologi digital. Selain itu, Apigee juga telah dijamin kredibilitasnya sebagai sebuah produk yang dirilis Google. Apigee juga memungkinkan untuk digunakan secara on-premises dan mendukung semua produk yang ditawarkan oleh BRI melalui fitur yang mereka tawarkan. Apigee yang digunakan untuk mengembangkan API BRI memiliki beberapa tahap fungsional yaitu Design, Development, Publish, dan Analyze. Tahap Design akan menganalisis apa saja produk dari BRI yang bisa dikembangkan dengan Apigee. Setelah itu proses Development dimana rancangan yang dibuat akan dikembangkan dengan menggunakan Apigee. Setelah itu, proses Publish adalah perilisan teknologi tersebut di pasar dengan menggunakan Content Management System (CMS). Kemudian, teknologi tersebut dianalisis kekurangan dan kelebihannya dalam proses Analyze. Sehingga, diharapkan teknologi tersebut akan menjadi lebih baik.