Masa pandemi saat ini mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Hal ini juga berdampak pada anak-anak yang sekolah serta para pekerja. Oleh karena itu sekolah menerapkan sistem pembelajaran online, begitu pula dengan para pekerja. Supaya anda tidak bosan yuk intip kegiatan apa yang seru dilakukan oleh orang tua dan anak berikut ini.

5 Kegiatan Anti Bosan Yang Dapat Dilakukan Di Rumah Saat Pandemi

1. Membuat Kreasi Bersama

Kegiatan membuat kreasi bersama anak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat meningkatkan kebersamaan, kegiatan ini juga dapat mengasah kreatifitas. Cobalah untuk mengenalkan atau mengajarkan kreativitas baru pada anak agar tidak menjadi bosan selama di rumah. Misalnya menggambar, mewarnai, menyusun puzzle, serta membuat kerajinan tangan.

Orang Tua Dan Anak

2. Masak Bersama

Agar anda dan anak tidak merasa bosan karena dianjurkan untuk di rumah saja, maka hal yang satu ini dapat dicoba. Cobalah untuk mengajak anak ikut serta dalam menyediakan makanan. Baik itu untuk keperluan keluarga, makan siang ataupun makan malam. Hal tersebut dapat mengasah kemandirian dan pola pikir anak. Hal tersebut tentunya harus dengan penjagaan yang ketat.

3. Beres-Beres Rumah.

Jika orang tua terutama ibu selama ini identik dengan bersih-bersih rumah. Namun kali ini cobalah mengajak anggota keluarga anda untuk membantu. Orang tua dan anak dapat berkolaborasi juga dalam hal bersih-bersih rumah. Ajari anak untuk membersihkan mainannya kemudian diletakkan pada tempatnya, hal tersebut dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada anak.

Selain itu bersih-bersih juga berguna pada saat pandemic ini. Karena dengan rumah dan ruangan bersih anda dapat terjaga dari berbagai virus dan bakteri yang dapat menyerang tubuh kapan saja. Bersih-bersih dengan cara ini juga dapat mempercepat pekerjaan sebab anggota keluarga juga ikut membantu.

4. Olahraga Bersama

Tidak hanya bersih-bersih atau masak bersama, olah raga juga salah satu kegiatan yang sangat seru dilakukan dengan anak. Di dalam rumah anda dapat melakukan olahraga seperti senam, yoga. Adapun olahraga lainnya harus memiliki gerakan yang aman dan nyaman untuk anak. Jika memiliki halaman rumah yang luas anda dapat melakukan olahraga lainnya.

Orang Tua Dan Anak Teori Keakraban Orangtua Terhadap Anaknya dalam Keluarga

Bermain bola atau badminton dapat menjadi rekomendasi olahraga bagi anda yang memiliki halaman rumah yang luas. Olahraga bersama tidak hanya dapat menjamin kesehatan yang sehat dan bugar, namun juga dapat meningkatkan kebersamaan dengan anak yang biasanya jarang dilakukan karena memiliki kesibukan masing-masing.

5. Membaca Buku

Pada jaman sekarang anak-anak lebih memiliki gadget dari pada buku. Hal ini di sebabkan menjadikan gadget sebagai alat bermain anak ketika orang tua sedang sibuk berkerja. Oleh karena itu banyak nya waktu yang anda habiskan untuk pandemi dapat mengajak anak untuk membaca buku serta bermain bersama agar anak tidak terpapar gadget terlalu lama.

Cobalah memilih buku yang mereka suka kemudian menceritakannya sembari bermain. Hal tersebut dapat menarik perhatian anak. Jika hal tersebut dilakukan dengan orangtua tentunya sangat menyenangkan. Dengan menggunakan cara tersebut anak-anak tidak akan cepat merasa bosan saat membaca.

Selain memasak, bersih-bersih ataupun membaca buku bersama ada banyak lagi yang dapat anda lakukan agar tidak bosan. Berusaha mencari tahu kesukaan anak serta menciptakan hal yang menarik adalah satu cara yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak tidak bosan di rumah, terlebih jika sistem belar online yang begitu rumit dan melelahkan.