Santan merupakan bahan masakan yang kerap kali digunakan untuk menambah cita rasa gurih. Santan sudah menjadi ciri khas masakan nusantara. Namun, sebenarnya apa fungsi santan itu sendiri? dan apa alasan penggunaan santan kelapa untuk masakan? Guna menemukan jawaban tersebut, mari simak penjelasan yang akan diungkap di ulasan berikut.

Mengintip Alasan Menggunakan Santan Ke Dalam Berbagai Jenis Masakan

1. Santan Untuk Pengental Kuah

Pada dasarnya santan digunakan untuk membuat masakan yang membutuhkan banyak bumbu. Masakan tersebut biasanya memiliki rasa yang kuat dan termasuk ke dalam golongan makanan berat. Penggunaan santan cenderung untuk mengentalkan kuah dari suatu makanan. Adapun contoh masakan dari santan mulai dari Opor, Lodeh, Kari, dan Gulai.

santan kemasan Sasa Santan Kelapa

Rasa sedap dan kaya yang dikandung oleh santan membuat cita rasa masakan semakin lezat. Senyawa Nonylmethylketon merupakan kandungan minyak alami yang dapat melezatkan makanan. Di beberapa wilayah, santan digunakan sebagai bahan utama pembuatan makanan. Hasilnya, kuah kental dan gurih tercipta yang mampu memanjakan lidah.

2. Santan Dapat Digunakan Untuk Memperkaya Rasa Masakan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, santan merupakan bahan makanan yang membuat sajian memiliki rasa yang kaya. Makanan yang tidak menggunakan santan memiliki perbedaan rasa yang sangat mencolok. Bahkan rasanya pun cenderung hambar meski telah menggunakan banyak bumbu maupun penyedap makanan.

Salah satu santan kelapa yang banyak digunakan untuk melezatkan makanan ialah santan kemasan Sasa. Bahkan, meskipun tanpa pemberian penyedap masakan akan tetap terasa nikmat. Perlu anda ketahui, makanan Indonesia yang menggunakan santan, kelezatannya sudah diakui oleh negara lain. Oleh karena itu, kita patut bangga menjadi pemilik sajian kuliner berbahan santan.

3. Santan Untuk Makanan Tradisional

Tak hanya untuk makanan berat, santan juga digunakan untuk pembuatan jajanan tradisional. Rasanya yang kaya dan gurih dipadukan dengan bahan kue tradisional yang menciptakan cita rasa sedap. Adapun beberapa jajanan tradisional yang menggunakan santan ialah Talam, Serabi, Pukis, Ketan, Bubur, dan masih banyak jenis kue lainnya.

4. Santan Dapat Menjadi Pengganti Susu

Tak sedikit orang yang menggunakan santan untuk menggantikan keberadaan susu. Inilah alasan mengapa santan begitu digemari masyarakat Indonesia. Sifatnya yang cocok untuk segala jenis makanan ternyata juga bisa menjadi bahan pengganti makanan, seperti susu. Bagi anda yang menderita intoleransi laktosa, santan bisa menjadi pilihan terbaik untuk menu masakan.

santan kemasan Sasa santan kental

Santan bisa menjadi pengganti creamer untuk cafe latte, heavy cream untuk pasta, pengganti yoghurt, bahkan hidangan berkuah creamy ala Barat sekali pun. Bagi anda yang intoleran laktosa namun ingin menikmati es krim susu, cobalah untuk membuat es krim sendiri yang terbuat dari santan kemasan sasa. Rasanya yang khas dan gurih dijamin membuat anda ketagihan.

5. Santan Dapat Digunakan Untuk Daging Atau Seafood

Tak hanya Gulai, Rendang, Opor, dan Kari saja yang menggunakan santan, makanan berbahan dasar seafood juga sangat cocok jika dipadupadankan dengan santan. Adapun hidangan seafood yang dipadukan dengan santan ialah Ginataang Pako. Kudapan unik tersebut sebenarnya berasal dari negara Filipina, tentunya bisa anda coba sendiri di rumah.

Demikian beberapa alasan mengapa santan digunakan untuk makanan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut, santan digunakan untuk memperkaya masakan. Tak hanya itu, santan juga dapat digunakan sebagai pengganti bahan makanan seperti susu. Meski memiliki banyak fungsi, anda tetap perlu memperhatikan asupan santan agar tubuh tetap sehat.