Indonesia tidak hanya terkenal sebagai negara yang menyimpan keberagaman budaya semata, namun juga memiliki segudang kuliner lezat yang sayang dilewatkan. Bahkan masakan rumahan pun begitu laris manis di pasaran, sehingga tidak mengherankan jika banyak warung yang menawarkannya. Selain orek tempe, ternyata masih banyak daftar kuliner lezat nan menyehatkan lainnya yang hanya dipatok dengan harga murah meriah. Berikut daftarnya.

Daftar Kuliner Murah Meriah yang Banyak Disukai Masyarakat

1. Nasi Goreng

Nasi goreng terpilih menjadi kuliner lezat namun juga murah yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya warga Indonesia saja, ternyata masakan satu ini juga banyak dipesan oleh wisatawan dunia. Bahkan banyak pedagang kaki lima yang menawarkan nasi goreng sebagai menu andalannya. Nasi goreng spesial bisa menjadi pilihan terbaik, karena Anda akan mendapatkan telor ceplok ataupun telur dadar sebagai topping tambahannya.

orek tempe Resep-Resep Nasi Goreng Sederhana Yang Mungkin Jadi Inspirasi Anda

Selain membelinya di pedagang langganan, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasaran, sehingga tidak ada salah mencoba membuat nasi goreng sendiri di rumah. Anda juga diperkenankan menambahkan toping lainnya seperti udang, sosis, ataupun kubis sesuai selera agar rasa kulinernya semakin mantap.

2. Mie Goreng

Kuliner yang tidak kalah lezat untuk dikonsumsi berikutnya yaitu mie goreng. Umumnya masakan satu ini menjadi menu andalan lainnya dari para pedagang nasi goreng. Dibuat dengan aneka rempah yang kemudian dicampurkan menjadi satu, hanya dengan mencium aromanya saja sudah berhasil menaikkan hasrat untuk segera menyantapnya. Topping di dalamnya pun cukup melimpah, sehingga satu porsinya saja sudah sangat cukup mengenyangkan.

Resep Mie Goreng Panjang Umur orek tempe

3. Gado Gado

Daftar makanan murah namun juga menyehatkan berikutnya yaitu gado gado. Kuliner ini sebenarnya salad sayur yang kemudian dilumuri saus kacang dan kerupuk di bagian atasnya. Walaupun terkesan sederhana, kenikmatan dari aneka sayuran segar dan bumbu kacangnya berhasil memikat hati siapapun yang mencicipinya. Untuk bisa mencicipi satu porsinya pun tidak perlu mengeluarkan dana tinggi, namun sudah bisa memuaskan perut yang keroncongan.

Gado gado in Jakarta orek tempe

Daripada membelinya, tidak ada ruginya membuat gado gado sendiri di rumah. Bukan hanya lezat dan dapat disesuaikan dengan selera, namun juga lebih sehat karena semua bahannya diolah dengan cara yang tepat menggunakan bahan berkualitas. Cara membuatnya pun cukup sederhana, dimana Anda hanya perlu menyiapkan berbagai jenis sayur lalu cuci bersih dan potong kemudian rebus hingga matang.

4. Sayur Asem

Sayur asem terpilih menjadi salah satu kuliner yang tidak kalah lezat untuk dikonsumsi. Masakan rumahan ini begitu laris di pasaran berkat rasanya yang lezat dan menyegarkan, terutama jika dikonsumsi di siang hari. Bahan baku pembuatannya sendiri pun cukup mudah ditemukan di pasar terdekat, sehingga Anda bisa segera mengolahnya sendiri di rumah. Terdiri dari beberapa sayuran segar yang diolah menggunakan rempah pilihan, dijamin Anda akan ketagihan.

sayur asem orek tempe

5. Orek Dari Tempe

Siapa yang tidak kenal dengan kelezatan yang ditawarkan oleh orek orek tempe ? Olahan yang terbuat dari kedelai tempe ini cukup mudah ditemukan di warung makan, dan dipatok dengan harga bersahabat. Diolah menggunakan aneka rempah pilihan, rasanya pun semakin nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat beserta minuman menyegarkan.

orek tempe juara

Ketika mendengar kelima masakan sederhana tersebut, sudah bisa dipastikan perut menjadi dan tidak sabar untuk menyantapnya. Beberapa kuliner tersebut tidak hanya terkenal akan kelezatannya semata, namun juga menyehatkan sehingga bisa dikonsumsi setiap harinya. Hanya dengan mengeluarkan dana sekitar 10 ribuan saja, satu porsi makanannya pun sudah bisa memanjakan perut yang sedari tadi berbunyi.