Sebagian besar orang pasti akan kebingungan saat memasuki tahap pemilihan warna cat rumah, baik itu untuk renovasi maupun membangun hunian baru. Sebab terdapat berbagai faktor yang harus diperhatikan apabila ingin mendapatkan warna cat yang sesuai dengan karakter rumah. Agar tak terjadi penyesalan serta pengeluaran biaya yang lebih untuk pengecatan ulang, simak tips memilih warna cat rumah berikut.

Tips Pemilihan Warna Cat Untuk Hunian Anda

1. Menyesuaikan Warna Cat dengan Konsep Rumah

Langkah yang paling awal dan penting ialah dengan mengenali konsep hunian. Apakah anda sedang mengusung konsep rumah yang minimalis, modern, klasik, western, ataupun tradisional. Ketika membangun atau merenovasi rumah, konsep dasar dari rumah memiliki peran penting karena mempengaruhi jenis dan warna dari furniture yang akan mengisi bagian hunian anda.

Tips Memilih Warna Cat Rumah warna cat

Tak hanya itu, konsep rumah juga sangat berpengaruh terhadap bentuk dan penataan ruang di rumah anda. Beberapa komponen tersebut menjadi faktor yang harus anda perhatikan dalam pemilihan warna cat. Sebagai contohnya anda memilih konsep rumah klasik, maka bisa memilih warna cat putih dengan perpaduan warna netral lainnya pada setiap bagian hunian anda serta didukung dengan furniture yang senada.

2. Menentukan Kesan yang Ingin Diciptakan

Sebelum anda memilih warna cat, tentukan terlebih dahulu mood atau kesan yang ingin dimunculkan dari setiap ruangan atau rumah secara keseluruhan. Apabila anda ingin membangun suasana ceria, mewah, simpel, atau elegan, semua suasana tersebut memiliki warna masing masing yang mewakilinya. Misalnya untuk hunian yang memiliki kesan ceria dan semangat, kombinasikan warna cerah seperti kuning terang, putih, buru, dan merah muda.

3. Membuat Palet Warna Sesuai Keinginan

Anda bisa membuat palet warna yang ingin diaplikasikan kemudian diskusikan bersama arsitek maupun tukang bangunan rumah. Palet warna tersebut dapat digunakan sebagai panduan untuk bisa memilih cat rumah. Carilah inspirasi paduan warna dari internat atau anda juga bisa mengamati tren warna cat rumah yang sedang populer. Kemudian lihat dan cocokkan warna utama dari rumah dengan warna lainnya.

Pertimbangkan pula complimentary colors-nya, lalu gunakan warna yang akan dipakai sebagai warna utama rumah dengan warna yang sejenis atau kontras. Misalnya saja antara warna merah dengan biru, kuning dengan putih, atau hijau dengan coklat. Jangan lupa pula untuk menentukan jenis finishing yang akan anda pakai yaitu mulai dari matte, glossy, atau satin. Setelah menentukan berbagai hal tersebut, tentunya anda akan mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan.

4. Memperhatikan Pencahayaan di Dalam Rumah

Ketika anda sedang mencoba warna cat di dinding putih, perhatikan pula penampilan warna di bawah pencahayaan yang berbeda. Kemudian amatilah saat pagi hari, siang hari, ataupun malam hari. Sesuaikan warna dan pencahayaan dengan posisi furniture yang ada di ruangan tersebut. Pencahayaan yang alami harus dipertimbangkan sebelum memilih warna cat dinding rumah anda.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Kombinasi Warna Cat Rumah Terkini

Selain pengaruh dari intensitas cahaya yang disebabkan oleh berubahnya waktu dari siang hingga malam, perubahan warna dinding juga dapat dipengaruhi oleh posisi arah mata angin yang berkaitan dengan posisi datangnya sinar matahari. Tak hanya itu jenis lampu juga bisa mempengaruhi terhadap warna dari dinding rumah anda. Karena beberapa hal tersebut, dalam tips memilih warna cat rumah ini harus anda perhatikan dengan jeli.

Apabila anda masih bingung dengan beberapa tips pemilihan warna cat rumah di atas untuk menyesuaikan keadaan rumah, sebagai solusinya anda bisa menggunakan cat berwarna monokrom atau satu shade warna seperti hitam, putih, atau abu abu. Beberapa warna tersebut merupakan jenis warna netral dan aman digunakan untuk semua konsep rumah yang anda inginkan.