Ponsel Anda sering mengalami lemot? Tidak perlu khawatir, Anda akan menemukan solusinya disini. Salah satu penyebab ponsel lemot terletak pada kapasitas RAM. Jika kapasitas RAM pada ponsel Anda penuh, kinerja ponselpun menjadi terganggu. Satu-satunya cara untuk meminimalisir masalah tersebut adalah dengan membersihkan RAM pada ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui aplikasi pembersih RAM android yang dapat Anda gunakan.

Berikut 7 Aplikasi Rekomendasi yang bisa anda gunakan

1. Clean Master

Aplikasi yang satu ini sudah dikenal dan dipakai oleh banyak pengguna Android. Ia memiliki beberapa fitur menarik salah satunya adalah mkemampuan untuk membersihkan sampah pada memori internal ponsel. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat cocok oleh pengguna yang masih awam. Anda dapat mendapatkan aplikasi ini hanya dengan mengunduh di play store.

aplikasi pembersih ram android

2. Droid Optimizer

Aplikasi ini dirancang dengan fitur terbaik yang dapat menjaga ponsel Anda tetap dalam kondisi baik. Penggunaannya sangat mudah digunakan, yaitu hanya dengan menekan satu ketukan. Aplikasi ini dapat memperlihatkan kondisi RAM pada ponsel Anda sehingga memudahkan Anda untuk melakukan tindakan. Dengan mengaktifkan fitur otomatis, ia dapat membersihkan sampah dan menghapus file yang tidak perlu pada ponsel Anda secara otomatis.

3. Greenify

Aplikasi dengan logo daun ini memiliki kelebihan yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Ia dapat bekerja di latar belakang jika Anda mengaktifkan fitur latar belakang Anda aktif. Dengan begitu, Anda tidak perlu membukanya berungkali untuk membersihkan RAM pada ponsel Anda. Fitur canggih lainnya yaitu dapat mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan mengaktifkan fitur hibernasi.

4. CCleaner

CCleaner sudah mengeluarkan versi untuk Andorid. Fungsi dari aplikasi ini yaitu menghapus sampah pada aplikasi, file yang menghabiskan ruang penyimpanan dan jejak penggunaan pada ponsel. Kondisi RAM pada ponsel Anda juga dapat dimonitor oleh aplikasi ini. Selain itu, ia juga menampilkan detail informasi mengenai aplikasi pada ponsel Anda sehingga Anda dapat dengan mudah untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

5. AVG Cleaner

Aplikasi ini memiliki kesamaan dengan CCleaner yaitu membersihkan sampah-sampah pada aplikasi dan data yang tidak diperlukan. Ia juga dapat menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang agar RAM tidak bekerja terlalu keras. Menggunakan fitur-fitur di aplikasi ini maish harus dilakukan secara manual. Meskipun begitu, ia tetap dapat melakukan pekerjaan yang sangat baik.

6. All-in-One Toolbox

Aplikasi ini dapat memonitor baterai dan suhu CPU pada ponsel Anda. Sama seperti aplikasi-aplikasi yang lainnya, All-in-One Toolbox dapat membersihkan cache dan menonaktifkan aplikais yang berjalan di latar belakang. Untuk menjalankannya secara otomatis, Anda dapat menggunakan fungsi Boost+. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menghemat baterai dan menghapus massal aplikasi yang memberi beban lebih pada RAM.

aplikasi pembersih ram android Aplikasi Pembersih RAM

7. Avast Cleanup

Avast merupakan software antivirus terbaik yang banyak digunakan di PC. Namun ia juga memiliki aplikasi versi android. Fitur dari aplkasi ini hamper mirip dengan AVG. Perbedaannya terletak pada fitur yang dapat mengubah tema. Anda dapat mengganti tema sesuai yang Anda inginkan agar tidak bosan. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembersih RAM android yang memiliki rating cukup tinggi.

Beberapa aplikasi pembersih RAM diatas memiliki fitur yang hampir sama. Anda dapat memilih salah satu aplikasi yang menurut Anda sesuai dengan kondisi ponsel. Cara mendapatkannya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengunduhnya di play store. Sebelum mengunduh, Anda harus mengetahui review yang tertulis dari pengguna pada deskripsi aplikasi untuk mengetahui mana yang cocok untuk ponsel.