Angka korban yang terinfeksi virus Corona di Indonesia semakin meningkat setiap harinya dan juga telah banyak yang meninggal. Hal itu dikarenakan oleh beberapa faktor salah satunya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, harapan untuk kembali hidup normal sudah mulai muncul. Berikut simak kelemahan virus Corona yang mulai terungkap.

Kelemahan Dari Virus Corona

1. Dapat Dikalahkan Oleh Antibodi Dalam Tubuh

Tingkat keparahan infeksi Covid-19 dapat berkisar dari ringan hingga parah. Pada pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan, infeksi ini bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuhnya baik.Sebuah penelitian di Australia mengatakan, salah satu kelemahan virus corona adalah dalam menghadapi antibodi yang sehat.

Harapan Virus Corona

Studi ini secara teratur memeriksa tingkat antibodi pasien Covid-19 berusia 47 tahun dengan gejala ringan hingga sedang. Pasien ini tidak memiliki penyakit penyerta atau penyakit bawaan, seperti hipertensi atau diabetes. Kondisi fisiknya secara umum sehat, dan saat ini hanya ada satu infeksi, yakni Covid-19. Sejumlah antibodi mulai terbentuk di dalam tubuh dalam 7-9 hari sejak gejala pertama Covid-19 muncul pada pasien tersebut.

Ini tandanya tubuh sedang mengeluarkan berbagai senjata untuk melawan virus corona. Beberapa hari setelah antibodi terbentuk, kondisi tubuh pasien mulai membaik. Faktanya, penelitian yang lebih besar masih diperlukan untuk memahami mode “perang” antara virus corona dan antibodi. Namun, penelitian tersebut bisa jadi pengingat pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

2. Virus Corona Dapat Dibunuh Dengan Desinfektan

Virus corona ada banyak jenisnya. Ada virus Corona yang dapat menyebabkan SARS dan MERS. Telah ditemukan strain baru yang menyebabkan Covid-19. Sudah banyak peneliti yang mengkaji lebih jauh terkait viru satu ini, dan hasilnya memang menunjukkan bahwa virus jenis Corona memiliki karakteristik yang sama dengan beberapa virus yang pernah menjadi pandemi sebelumnya.

Masing-masing berbeda, dan masih diperlukan lebih banyak penelitian. Namun selama ini ciri-ciri dari keluarga virus corona biasanya sangat mirip, dan mereka tergolong lemah jika berhadapan dengan disinfektan. Menurut hasil penelitian, virus corona penyebab SARS dan MERS dapat bertahan di permukaan seperti logam, kaca, atau plastik hingga beberapa hari..

Meski belum ada penelitian tentang resistensi obat dari virus yang diduga menyebabkan Covid-19, orang menduga hasilnya tidak jauh berbeda dengan virus corona sepupu mereka. Kabar baiknya, virus tersebut diyakini akan dinonaktifkan dalam 1 menit dengan desinfektan, seperti alkohol 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau natrium hipoklorit 0,1%. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu membawa antiseptik saat keluar rumah.

3. Virus Corona Mudah Hilang Dengan Pelarut Lemak

Harapan untuk kembali hidup normal sudah mulai menunjukkan tanda-tanda, hal itu dikarenakan kelemahan dari virus Corona sudah mulai terungkap. Salah satu kelemahan dari virus ini yaitu mudah hilang dalam pelarut lemak. Pelarut lemak adalah sabun yang sehari-hari anda gunakan. Sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa virus ini hanya mampu bertahan kurang dari 5 menit saat terkena pelarut lemak.

Harapan Virus Corona

Ini termasuk DNA atau RNA sebagai inti virus, protein sebagai bahan mentah bagi virus untuk mereproduksi dirinya sendiri, dan lapisan lemak sebagai lapisan pelindung luarnya. Faktanya, ketiga bagian ini tidak saling terkait erat. Oleh karena itu, bila lapisan lemak dihancurkan oleh sabun, virus akan musnah dan mati sehingga tidak akan berkembang lagi.

Kelemahan dari virus Corona saat ini sudah mulai terungkap satu persatu dan kemungkinan untuk kembali hidup normal seperti sedia kala itu sangat besar. Namun, fakta tersebut harus didukung dengan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan. Oleh sebab itu pemerintah selalu mewanti-wanti pada warganya agar selalu mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah.