Di era digital seperti sekarang ini dengan semakin banyaknya pengguna produk digital seperti laptop atau smartphone, hampir keseharian aktivitas manusia dekat dengan produk digital tersebut. Akibatnya pola kehidupan pun bergeser. Semakin banyak orang tertarik melakukan segala sesuatu secara online, termasuk berbelanja. Disinilah peran digital marketing akan Anda temukan.
Yaps, dalam berbisnis sekalipun di era digital ini digital marketing strategy memainkan peran penting untuk kemajuan bisnis. Untuk pemula, berikut strategi marketing digital yang perlu dipelajari dan harus diterapkan demi kemajuan bisnis Anda. Cek informasinya di bawah ini!
Strategi Digital Marketing Bagi Pemula
Sudah memiliki target market dan produk
Hal dasar dalam penerapan pola marketing digital adalah memiliki suatu produk dan sudah tahu dengan produk yang dimiliki tersebut siapa target market potensial yang akan dituju. Dengan begitu produk Anda akan tepat sasaran dan potensi terjualnya lebih besar karena Anda sudah paham tentang tujuan pemasarannya kepada siapa.
Pastikan produk Anda memberikan solusi
Produk yang tidak akan pernah mati adalah produk yang solutif. Jadi carilah produk yang memberikan solusi atas masalah yang dialami target market Anda. Misalkan Anda tahu banyak orang yang bekerja keras untuk menurunkan berat badan.
Nah, Anda berpotensi sukses dengan produk yang memberikan solusi kepada mereka yang berusaha keras menurunkan berat badan dengan menjual produk diet seperti teh diet, pil diet, makanan penunjang diet dan sebagainya.
Berikan informasi juga tentang bagaimana cara tepat penggunaan produk Anda, cara konsumsinya, dan batas penggunaannya. Oleh sebab itu, kunci suksesnya adalah solusi dari bisnis yang kita jalankan. Berikan solusi bagi masalah orang, orang – orang akan mencari Anda.
Kualitas produk
Selain memberi solusi, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana kualitas dari produk Anda. Bahkan walau di jual secara online pun, orang akan tetap memperhatikan review dari pembeli sebelumnya.
Jika sekali saja ada pembeli yang kecewa dengan produk Anda, tentu hal ini akan berdampak bagi penjualan produk Anda. Oleh sebab itu, mempertimbangkan kualitas produk dalam berbisnis adalah hal yang penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Semakin produk Anda terpercaya karena kualitasnya bagus maka akan semakin besar juga kepercayaan orang – orang terhadap produk yang Anda jual dan pasarkan.
Bangun sosial media
Ada berbagai macam sosial media yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi produk Anda. Ada Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, WhatsApp dan sebagainya. Baiknya Anda pilih salah satu dari berbagai sosial media tersebut untuk menjadi alat marketing Anda.
Manfaatkan sosial media ads
Dalam penggunaan sosial media ads Anda butuh modal. Namun kami anjurkan agar Anda sangat berhati – hati dalam penggunaan dana untuk memodali sosial media ads Anda. Karena kini ada banyak orang yang kurang paham dengan sosial media ads namun terpaksa menggunakannya dan berujung kerugian. Jadi pelajari dulu sebelum menyelami ini.
Sosial media campaign
Sebelum campaign sosial media Anda gunakan pastinya Anda harus siapkan content dulu sesuai dengan isi, kebutuhan penyampaian dan maksud penyampaian produk Anda. Jangan sampai Anda sudah membayar mahal untuk iklan di Facebook Ads, Instagram Ads atau memanfaatkan endorse akan tetapi contentnya kurang oke sehingga leadnya juga sedikit.
Itulah beberapa strategi dalam menjalankan marketing online atau marketing digital yang perlu Anda tahu dan pahami. Pastikan memaksimalkan penggunaan sosial media, SEO dan SEM untuk meningkatkan pencarian produk Anda sehingga jangkauan market juga lebih besar. Selamat mencoba dan semoga sukses!