Hampir semua anak-anak akan memilih berbagai cemilan cokelat ataupun es krim cokelat ketika dihadapkan oleh berbagai pilihan camilan. Cokelat, es krim dan anak-anak memang seperti tidak terpisahkan. Hal ini membuat banyak orang tua khawatir, makanan manis tersebut dapat merusak gigi anak-anak. Padahal cokelat dan es krim memiliki banyak kandungan baik yang berguna untuk masa tumbuh anak-anak. Yuk simak informasinya lebih lanjut disini.

Kandungan Cokelat Dan Es Krim Yang Baik Bagi Anak

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Banyak mitos yang beredar bahwa anak akan sering sakit jika banyak mengkonsumsi es krim. Padahal sebuah penelitian mengatakan bahwa es krim dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi anak-anak. Susu dalam kandungan es krim akan melalui proses fermentasi ketika masuk ke dalam freezer dalam jangka waktu yang lama. Jika dikonsumsi, es krim dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pencernaan dan pernapasan dan juga memperkuat kekebalan tubuh anak.

es krim cokelat

Sama halnya dengan es krim, cokelat juga dapat membantu daya imun anak agar tidak mudah terserang penyakit. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam cokelat berfungsi sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh untuk menghindari radikal bebas karena kerusakan lingkungan. Sehingga, anak-anak akan tetap sehat dan tidak rentan terserang penyakit meskipun aktif mengikuti berbagai kegiatan dan bermain di luar rumah.

2. Membantu Anak Belajar Lebih Baik

Untuk membantu proses belajar anak, cokelat juga memiliki kandungan senyawa alkaloid yang berbentuk teobromin yang dapat memberikan stimulan ringan. Kandungan ini, memiliki efek yang hampir sama dengan kafein dalam secangkir kopi yang bisa memberikan rangsangan pada otak. Ketika senyawa alkaloid dikonsumsi, akan membuat saraf otak anak menjadi terangsang sehingga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi yang membantu anak belajar lebih baik.

Begitupun dengan es krim, mengkonsumsi makanan dingin ini dapat merangsang saraf pada bagian otak anak. Salah satu penelitian dari Universitas Tokyo menyatakan, mengkonsumsi es krim khususnya pada saat sarapan pagi akan meningkatkan tingkat kewaspadaan dan juga kinerja mental si kecil yang lebih baik. Mengkonsumsi es krim juga dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh yang bisa membuat anak terjaga lebih lama dan lebih waspada.

3. Vitamin dan Mineral Dalam Kandungan Es Krim dan Cokelat

Es krim terbuat dari susu cair dan susu padat yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Dalam setiap satu scoop es krim terdapat kandungan dan manfaat dari vitamin A yang baik untuk mata, riboflavin atau vitamin B2 yang berfungsi untuk memproses penguraian karbohidrat,protein dan lemak menjadi energi yang dikeluarkan. Dan juga, vitamin D, kalsium dan fosfor yang sangat berguna untuk kekuatan tulang dan gigi anak.

es krim cokelat nikmat resep minuman dari susu praktis enak dan sehat
Selain itu, rasa yang beragam pada es krim juga melengkapi nutrisi tambahan yang sangat berguna bagi anak-anak. Salah satunya adalah es krim cokelat yang sarat akan antioksidan seperti flavonoid dan juga senyawa alkaloid. Flavonoid berfungsi untuk melindungi jantung, dan menurunkan kadar kolesterol. Cokelat juga mengandung phytochemical yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh si kecil.

Cokelat dan es krim adalah dua camilan yang tidak bisa ditolak oleh anak-anak. Kedua makanan manis ini seakan-akan menjadi camilan wajib yang tidak bisa dilewatkan untuk dinikmati. Namun, diluaran sana banyak ibu yang sering melarang anaknya untuk mengkonsumsi dua makanan ini, karena dikhawatirkan dapat merusak gigi anak. Padahal, banyak kandungan cokelat dan es krim yang berguna untuk membantu proses tumbuh kembang si kecil.