Cairan pembersih tangan merupakan salah satu yang banyak disebut di tengah upaya pencegahan virus corona. Jika tak ada air bersih dan sabun antiseptik maka anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus yang menempel. Kuman dan bakteri memang ada dimana-mana, oleh karena itu penting untuk selalu membawa benda satu ini saat keluar rumah. Berikut tips memilih cairan pembersih tangan yang aman digunakan.

Tips Penggunaan Cairan Pembersih Tangan Yang Aman

1. Teliti Kandungan Bahan Kimia

Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan sebelum membeli cairan pembersih tangan adalah memeriksa kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya. Biasanya kerap kali tersembunyi di bawah label aroma sehingga sering mengecoh konsumen. Salah satu bahan kimia yang sering digunakan adalah phthalates. Bahan tersebut dapat mengganggu endokrin dan bisa mengakibatkan penurunan jumlah sperma jika digunakan dalam jangka panjang.

Penggunaan Hand Sanitizer

Tak hanya itu, biasanya juga terdapat kandungan bahan kimia lain seperti triclosan yang efeknya masih dalam penyelidikan FDA. Kedua bahan tersebut adalah pengganggu hormon dan berkaitan dengan resistensi antibiotik. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk tetap teliti dalam melihat kandungan yang terdapat didalamnya sebelum memutuskan untuk membeli.

Disarankan untuk memilih cairan pembersih tangan yang memiliki kadar alkohol setidaknya 60% dan memiliki kandungan bahan kimia yang tidak membahayakan. Jika anda memiliki kulit yang sensitif terhadap alkohol, maka sebaiknya mencari cairan pembersih tangan yang mengandung pelembab atau moisturizer agar tidak merusak kulit tangan.

2. Organik Dan Natural

Mengingat adanya resiko hand sanitizer tertelan oleh anak, maka anda harus memilih produk pembersih tangan yang terbuat dari bahan organik dan natural. Misalnya seperti chamomile dan aloe vera yang terbukti sangat efektif untuk membunuh bakteri dan kuman. Sehingga produk yang memiliki kandungan dua bahan tersebut bisa menjadi opsi yang aman untuk si kecil.

3. Tanpa Bahan Pewangi

Tips selanjutnya adalah pilih produk pembersih tangan yang tidak mengandung bahan pewangi yang tajam. Produk pembersih tangan yang harum dapat menarik perhatian anak untuk mencobanya. Saat masih kecil biasanya anak senang mencoba hal baru, mulai dari menyentuh benda disekitar atau bahkan memasukkannya ke dalam mulut. Untuk mengantisipasi hal itu agar tidak terjadi maka pilihlah produk pembersih tangan yang bebas pewangi.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakannya

Meski ingin tetap sehat dan jauh dari paparan virus corona, anda juga harus bijak terutama dalam penggunaan produk pembersih tangan. Dokter menyarankan untuk menggunakan produk tersebut secukupnya dan jangan berlebihan. Perlu diingat bahwa produk pembersih tangan ini hanya sebagai alternatif saat tidak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan.

Penggunaan Hand Sanitizer Yang Aman

5. Penggunaan Harus Selalu Dalam Pengawasan

Bagi anda para orang tua yang memiliki anak masih kecil, selalu awasi mereka dalam menggunakan produk pembersih tangan ini. Jangan biarkan mereka menggunakannya tanpa pengawasan orang tua. Pastikan anak menggosok tangan sampai kering sepenuhnya sebelum menyentuh sesuatu. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya sisa produk yang tertinggal dan tertelan.

Itulah beberapa tips penggunaan cairan pembersih tangan yang aman dan bisa anda terapkan. Sebelum membeli ada baiknya jika diperhatikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalam produk pembersih tangan tersebut. Karena efek penggunaan produk pembersih tangan dapat dicegah dengan meneliti komposisi yang terkandung. Selain itu perhatikan juga jenis kulit anda untuk menghindari terjadinya iritasi yang disebabkan oleh beberapa bahan tertentu.