Dalam menjalani kehidupan, seseorang tidak akan lepas dari resiko dan ketidakpastian. Resiko merupakan hal yang menjadi ancaman bagi kehidupan seseorang. Resiko tersebut bisa menyebabkan kerugian. Sedangkan ketidakpastian merupakan sebuah keadaan yang tidak bisa diprediksi seperti apa yang akan terjadi.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mulai memikirkan bagaimana cara mengurangi dampak dari resiko dan ketidakpastian yang bisa saja terjadi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi resiko dan ketidakpastian adalah dengan menggunakan asuransi. Apa yang dimaksud dengan asuransi? Secara definisi, asuransi atau insurance merupakan sebuah jaminan atau perlindungan dari kerugian yang ditimbulkan oleh resiko dan ketidakpastian. Jaminan perlindungan tersebut akan mengurangi dampak kerugian yang ditanggung pemegang asuransi dengan cara mengalihkannya pada pihak penyedia asuransi. Saat ini, banyak masyarakat yang mulai paham bahwa asuransi merupakan salah satu hal krusial yang harus mereka lakukan. Hal ini juga memicu banyaknya benda atau hal yang diasuransikan oleh masyarakat. Akan tetapi, masyarakat perlu memahami bahwa tidak semua benda bisa diasuransikan. Lantas, benda apa saja yang memenuhi syarat untuk diasuransikan?

Cara Ajukan Klaim Asuransi Rumah Kebakaran AXA Mandiri

Secara umum, beberapa benda nyata yang mempunyai resiko akan kerugian dapat diasuransikan pada lembaga asuransi. Salah satu contoh adalah asuransi kendaraan. Saat ini, masyarakat banyak yang telah memiliki kendaraan dan digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Akan tetapi, kendaraan yang digunakan tersebut tidak terlepas dari berbagai macam resiko seperti kendaraan hilang akibat dicuri, kendaraan yang rusak karena kecelakaan, maupun akibat kerusakan mesin. Kerugian yang ditanggung akibat kendaraan yang hilang maupun rusak tentu tidaklah sedikit. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat bisa menggunakan produk asuransi. Selain kendaraan, benda lain yang bisa diasuransikan adalah peralatan elektronik. Ada beberapa macam kerusakan di peralatan elektronik yang bisa diasuransikan seperti kerusakan saat dioperasikan, konsleting, rusak karena kurangnya quality control dari pabrik, dll. Beberapa aset lain seperti bangunan dan pabrik industri juga bisa diasuransikan. Hal ini dilakukan karena bangunan dan pabrik industri rawan terjadi kerusakan seperti kebakaran dan dampak bencana alam. Untuk membuat asuransi dari beberapa barang dan aset berharga, masyarakat bisa memilih lembaga asuransi yang menyediakan layanan asuransi aset berharga seperti AXA Mandiri. Lembaga asuransi ini telah membuat beberapa paket asuransi aset demi melayani masyarakat yang membutuhkan. Paket asuransi yang disediakan adalah asuransi peralatan elektronik, asuransi alat berat, asuransi properti, dan asuransi kendaraan. Semua produk asuransi tersebut memiliki beberapa ketentuan yang diatur oleh lembaga asuransi.

Sebagai contoh, asuransi peralatan elektronik dari AXA Mandiri menyediakan layanan asuransi bagi peralatan elektronik yang rusak akibat beberapa hal seperti kebakaran, ledakan, asap, petir, kejatuhan pesawat, dan kerusuhan. Sedangkan asuransi alat berat menyediakan perlindungan secara comprehensive dan total loss only (TLO). Asuransi properti menyediakan beberapa layanan asuransi pada aset properti atau pabrik industri yang ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti bencana alam, kebakaran, pencurian, perampokan, petir, asap, ledakan, dan kejatuhan pesawat. Oleh karena itu, para pemilik usaha properti seperti perumahan, apartemen, hotel, dll dapat memilih asuransi properti untuk melindungi aset yang mereka miliki. Sedangkan asuransi kendaraan memberikan layanan kepada para nasabah untuk dapat menjual kendaraan yang mereka miliki dengan harga jual sesuai dengan harga awal pembelian kendaraan. Selain itu, beberapa kerusakan juga ditanggung oleh pihak asuransi.