Agar kegiatan usaha lebih mudah dan memiliki hak legalitas dimata hukum, maka anda membutuhkan Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang disebut SIUP. Mengurusnya pun tidaklah susah, karena bisa didaftarkan melalui online. Lewat sistem online single submission atau OSS pelaku usaha dapat mengurus dengan cepat tanpa ribet. Berikut cara daftar siup online dengan mudah!

Mengenal Sistem Online Single Submission

Dengan semakin canggihnya teknologi yang ada, maka pemerintah juga melakukan terobosan dalam kepengurusan SIUP. Anda bisa dengan mudah dan cepat mendaftarkan badan usaha dan perusahaan anda melalui online. Sistem yang digunakan yaitu Online Single Submission atau yang dikenal dengan sebutan sistem OSS.

cara daftar siup online license

Perizinan usaha yang terintegrasi secara elektronik atau OSS tersebut merupakan perizinan usaha yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah. Hal tersebut meliputi atas nama menteri, bupati atau wali kota, gubernur, pimpinan lembaga ke pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Pembuatan ini juga mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2018.

Kehadiran sistem OSS ini berperan penting sebagai gerbang dari sistem pelayanan pemerintah. Hal tersebut juga harus disetujui oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah. Dengan kata lain, pengurusan izin usaha melalui sistem OSS akan diteruskan ke pemerintah daerah setempat agar dapat menerbitkan SIUP.

Agar dapat mengurus SIUP, para pelaku usaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB terlebih dahulu. Jadi yang dimaksud dengan NIB merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS bagi yang sudah melakukan pendaftaran sebelumnya. Dengan NIB, anda memiliki tanda daftar perusahaan dan angka pengenal bagi yang ingin melakukan ekspor atau impor.

Langkah Langkah Membuat NIB untuk SIUP melalui OSS

Untuk mendapatkan NIB cukuplah mudah dan praktis. Sebab, anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui situs resmi OSS untuk membuat akun yang akan digunakan sebagai basis data dan selanjutnya dikirimkan ke pusat. Tetapi sebelumnya anda perlu menyiapkan kelengkapan seperti KTP, nomor telepon perusahaan, dan alamat email.

cara daftar siup online vendor deal

Setelah itu anda harus mengakses lama OSS yaitu www.oss.go.id dan menekan tombol daftar di pojok kanan atas. Kemudian lengkapi semua kolom di formulir registrasi yang berisi tentang data perusahaan dan identitas pelaku usaha. Jika sudah menyelesaikan isian informasi tersebut, maka anda harus mencentang kotak syarat beserta ketentuan dan klik daftar.

Kemudian, aktivasi akun akan dikirimkan melalui email dengan pemberitahuan registrasi berhasil. Pesan tersebut akan berisi user ID dan password yang akan digunakan pendaftaran SIUP online. Barulah anda masuk kembali ke laman resmi OSS menggunakan akun yang baru saja anda buat tersebut.

Bagi anda yang bukan pemilik usaha perseorangan, maka pada saat pendaftaran pilihlah kolom Perizinan Usaha. Sedangkan untuk jenis badan usaha lainnya seperti koperasi CV tahu perseorangan, lengkapi data di bagian Perekaman Data Akta. Jika sudah melengkapinya, akan muncul pemberitahuan berupa informasi validasi NPWP dan klik tombol proses.

Sebelumnya anda harus pastikan kembali informasi perusahaan anda sudah sesuai dan benar. Kemudian, selesaikan tahap daftar SIUP online dengan mengisi formulir permohonan yang terdiri dari lima macam. Sebagai langkah akhir, anda harus mencentang seluruh kotak perizinan. Maka NIB akan diproses dan hanya menunggu hingga ada notifikasi selanjutnya.

Itulah informasi mengenai pembuatan SIUP yang bisa dilakukan secara daring. Untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan, maka anda bisa mengaksesnya melalui laman resmi OSS. Sebelum itu, anda harus menyiapkan beberapa persyaratan, seperti data diri pemilik usaha, email dan nomor telepon. Dilanjut membuat akun di OSS dan mengisi informasi mengenai usaha.