Dalam memulai bisnis baru, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah penataan keuangannya. Pembukuan keuangan bisnis harus dilakukan dengan benar agar menghindari kerugian yang berlebih. Kesalahan fatal pada suatu bisnis salah satunya dikarenakan pencatatan keuangan yang tidak tertata. Oleh sebab itu ulasan dibawah ini akan membantu anda.

Tips Mempermudah Pembukuan Untuk Keuangan Bisnis

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Memulai bisnis baru akan membuat anda mengeluarkan banyak modal untuk segala persiapan yang dilakukan. Untuk itu, lebih baik anda memiliki catatan khusus untuk segala jenis pengeluaran yang anda lakukan untuk membangun bisnis anda. Anda akan mengetahui dengan jelas berapa modal yang telah anda habiskan untuk membuka bisnis pada awal perputaran.

Cara Membuat Pembukuan Keuangan

Dengan mengetahui modal yang dikeluarkan, anda bisa melakukan analisis keuangan untuk memiliki target kapan modal akan kembali dan bagaimana proses penjualan yang sesuai dengan target yang telah anda analisis. Catatan ini penting dilakukan guna mendapatkan catatan keuangan yang jelas untuk kedepannya. Segala jenis pengeluaran harus ditulis dengan detail.

2. Membuat Catatan Pemasukan

Selain membuat catatan pengeluaran, anda juga harus membuat catatan pemasukan. Catatan pemasukan harus anda lakukan setiap hari selama bisnis anda berjalan. Dengan mencantumkan tanggal pemasukan dan juga jumlahnya maka akan lebih terlihat profesional dan juga memudahkan anda apabila ada kesalahan perhitungan keuangan.

Adanya catatan pengeluaran dan pemasukan yang anda lakukan ini bisa menjadi acuan dalam pembuatan pembukuan bulanan. Pencatatan ini bisa anda lakukan secara manual dengan menggunakan buku atau bahkan sudah beralih menggunakan excel. Adanya kedua catatan ini anda bisa memperkirakan keuntungan setiap bulan yang bisa anda dapatkan pada bisnis anda.

3. Estimasi Arus Keuangan

Setelah anda mendapatkan catatan mengenai pengeluaran dan pemasukan, anda bisa menganalisisnya untuk bisa mengetahui keuntungan setiap bulan. Anda juga bisa membuat estimasi arus keuangan untuk bisnis anda. Estimasi arus uang ini sangat penting sebagai strategi menata keuangan yang baik dan benar, sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan baik.

Anda bisa mengantisipasi cara untuk menaikkan target penjualan atau memperkecil pengeluaran apabila sudah mengetahui kondisi keuangan bisnis anda. Sehingga pencatatan keuangan memang diperlukan ketelitian dan fokus. Karena akan berpengaruh terhadap perencanaan dan strategi penjualan kedepannya. Anda harus memastikan arus uang berjalan dengan tepat.

4. Catatan Inventaris Barang

Catatan yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah inventaris barang. Tidak hanya keuangan namun stok barang dari bisnis anda juga perlu dilakukan pencatatan yang teliti. Adanya catatan ini akan menjaga setiap aset yang anda miliki tetap terkendali. Melakukan pencatatan inventaris barang ini bisa dilakukan dengan menulis jumlah stok setiap harinya.

Pembukuan Keuangan usaha

5. Membuat Buku Laba Rugi

Pembukuan keuangan yang sangat dibutuhkan dalam bisnis adalah laba rugi. Anda bisa menganalisis setiap laba bersih yang didapatkan pada penjualan setiap periode yang ditentukan. Oleh karena itu, bentuk pembukuan yang lengkap akan memudahkan analisis keuangan laba ruginya. Dianjurkan pembuatan buku laba rugi ini simpel dan mudah dipahami.

Terlebih bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan di bidang akuntansi, anda bisa melakukan pencatatan keuangan yang ringkas, rapi namun tetap memberikan informasi yang lengkap. Sehingga orang lain yang membacanya juga tidak mengalami kesulitan dalam memahaminya. Pencatatan ini akan sangat berguna bagi kelangsungan bisnis baru anda.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempermudah pembukuan uang pada bisnis anda. Pembukuan ini berguna untuk mengawasi sistem keuangan anda menjadi lebih tertata dan menghindari terjadinya kerugian yang berlebih serta bisa menentukan strategi penjualan kedepannya. Faktor pencatatan keuangan menjadi salah satu yang krusial dalam suatu bisnis.