Bagi sebagian orang, wawancara kerja pertama kali menjadi suatu momok yang penting untuk ditaklukan terutama bagi lulusan baru atau fresh graduate. Sehingga sangat wajar sekali jika anda merasa gugup atau tidak percaya diri sebelum melakukan wawancara tersebut. Apabila anda ingin meningkatkan peluang diterima dalam pekerjaan tersebut, simak beberapa hal persiapan sebelum wawancara yang harus anda ketahui berikut ini.

Beberapa Hal Untuk Mempersiapkan Diri Sebelum Wawancara Kerja

1. Mencari Informasi Mengenai Perusahaan Sebanyak Mungkin

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh fresh graduate saat melamar kerja ialah terlalu fokus pada dirinya sendiri. Padahal hal tersebut tidaklah cukup, anda juga perlu mencari informasi tentang perusahaan yang anda lamar tersebut. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa anda memang memiliki kesungguhan dalam bekerja di perusahaan tersebut. Usahakan anda mencari informasi sedetail mungkin, baik dari orang yang bekerja di perusahaan bersangkutan atau laman resminya.

Persiapan Sebelum Wawancara anda

Anda bisa menemukan beberapa informasi mengenai profil, sistem kerja, visi misi, hingga produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Informasi yang anda dapatkan tersebut akan sangat membantu ketika terdapat pertanyaan seputar perusahaan yang ditanyakan oleh pewawancara nantinya. Apabila anda bisa menjawab dengan baik, maka pihak perusahaan bisa menilai bahwa anda telah mempersiapkannya dengan sungguh sungguh.

2. Memahami Posisi yang Anda Lamar

Tak hanya informasi mengenai perusahaan, anda juga perlu mempelajari posisi yang sedang anda lamar tersebut karena biasanya tim HRD atau manager perusahaan akan menanyakannya. Apabila anda ingin meyakinkan pewawancara bahwa anda adalah kandidat yang tepat, maka cobalah untuk memahami posisi serta potensi diri anda. Mungkin anda memiliki potensi dan bakat yang tidak sedikit, namun anda harus memilih potensi yang sekiranya sesuai dengan posisi anda.

3. Membuat Catatan Singkat Mengenai Pengalaman dan Keterampilan

Sebelum menghadiri undangan wawancara dari pihak perusahaan, ada baiknya jika anda membuat sebuah catatan singkat tentang apa yang nantinya akan anda ceritakan. Misalnya saja mengenai pengalaman berorganisasi, kepanitiaan selama kuliah, magang kerja, serta bakat dan keterampilan yang anda miliki. Persiapan sebelum wawancara dengan catatan kecil ini, bisa membantu anda berbicara lebih lancar saat proses diwawancarai sehingga tak perlu lagi membutuhkan waktu lebih.

4. Melakukan Latihan Sebelum Wawancara

Poin yang keempat ini juga tak kalah penting bagi anda untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara. Anda bisa melakukan latihan wawancara sendiri dengan menggunakan cermin maupun meminta bantuan anggota keluarga atau teman. Untuk memulai latihan, anda bisa memperkenalkan diri secara singkat terlebih dahulu kemudian pikirkan pertanyaan apa saja yang akan diajukan oleh perusahaan saat proses wawancara.

Persiapan Sebelum Wawancara kerja

5. Mempersiapkan Dokumen Penting yang Hendak Dibawa Saat Wawancara

Persiapan sebelum melakukan wawancara selanjutnya ialah mempersiapkan berbagai dokumen penting yang hendak dibawa saat wawancara tiba. Sebelum hari H wawancara kerja, usahakan anda telah mempersiapkan berbagai dokumen penting seperti CV atau riwayat hidup, fotokopi ijazah, transkrip nilai, foto, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk mengemas alat tulis di dalam tas seperti buku, pulpen, pensil, dan lainnya.

Dengan memperhatikan beberapa hal dalam mempersiapkan sebelum wawancara tersebut, tentunya akan membantu anda dalam menghadapi proses interview kerja nantinya. Selain itu anda juga harus menyiapkan pakaian yang sopan dan rapi ketika akan pergi ke tempat wawancara. Usahakan untuk memilih pakaian yang formal seperti kemeja putih, blazer, dan celana kain atau pakaian lainnya yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan.