Mobil merupakan salah satu kendaraan yang cukup penting belakang ini. Kendaraan satu ini bisa digunakan untuk melakukan perjalanan luar kota bersama keluarga. Agar kendaraan bisa bekerja dengan baik, maka anda perlu memilih bahan bakar yang tepat. Sayangnya banyak pemilik mobil yang kurang memahami penggunaan bahan bakar yang tepat karena tidak mengetahui perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo. Oleh sebab itu, anda perlu menyimak ulasan berikut.

Perbedaan dari Peningkatan Research Octane Number

Perbedaan pertama antara Pertamax dan Pertamax Turbo dapat dilihat dari peningkatan research octane number. Pada Pertamax plus, Research Octane Number berada di angkat 95, namun untuk Pertamax Turbo umumnya dapat mengalami peningkatan sampai 98. Tentunya adanya peningkatan dari Research Octane Number ini berdampak pada tekanan mesin untuk mengubah bahan bakar minyak menjadi tenaga agar dapat menggerakkan kendaraan.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

Jika RON ini memiliki peningkatan lebih banyak maka mesin akan melakukan tekanan yang lebih rendah. Tentunya hal ini dapat mengurangi kerusakan pada mesin. Dengan demikian, dapat dikatakan jika Pertamax Turbo mengalami peningkatan dibandingkan bahan bakar sebelumnya. Jika resiko kerusakan mesin dapat dikurangi maka anda pun bisa menekan biaya pengeluaran yang lebih banyak di kemudian hari, mengingat mobil yang rusak parah membutuhkan biaya lebih banyak.

Perbedaan dari Ignition Boost Formula (IBF)

Mungkin untuk istilah yang satu ini tidak terlalu familiar. Sebenarnya IBF merupakan formulasi terkini yang membuat pembakaran bahan bakar minyak menjadi lebih optimal. Kondisi ini juga akan berdampak pada akselerasi, daya tahan serta kecepatan mesin menjadi lebih baik. Dengan demikian, bisa dikatakan jika Pertamax ini menjadi penyempurna bagi Pertamax Plus. Kelincahan kendaraan ketika bermanuver tentu akan membuat pengemudi semakin mudah mengendarai mobil.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

Perbedaan pertamax dan pertamax turbo Mobil dapat dilihat dari torsinya dimana Pertamax Turbo mengeluarkan torsi yang lebih besar. Hal ini akan membuat kendaraan yang menggunakan Pertamax Turbo memiliki kecepatan yang lebih optimal jika dibandingkan menggunakan bahan bakar yang lainnya. Tak hanya itu, mobil anda juga menjadi lebih enteng dan lebih nyaman ketika dikendarai. kendaraan yang memakai bahan bakar ini juga ramah lingkungan.

Meskipun Pertamax Turbo memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan Pertamax, kendati demikian terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh bahan bakar ini diantaranya harganya yang cukup mahal sehingga hanya cocok digunakan oleh orang golongan menengah ke atas. Selain itu, tidak semua kendaraan cocok jika menggunakan Pertamax Turbo. Bahan bakar ini akan lebih tepat jika digunakan untuk kendaraan yang mempunyai kompresi mesin 11-13:1.

Selain itu, bahan bakar ini juga lebih cocok jika digunakan untuk mobil yang memiliki Turbocharger dan Supercharger. Nah ketika anda menggunakan mesin dengan kompresi di bawahnya, maka disarankan untuk memakai bahan bakar dengan harga yang terjangkau dari Pertamax turbo. Selain itu, penyebaran Pertamax Turbo juga masih belum merata di setiap daerah sehingga hanya beberapa Pom bensin saja yang menjual bahan bakar premium ini.

Dengan mengetahui perbedaan yang telah disebutkan tersebut, maka anda bisa menentukan mana bahan bakar yang harus dipakai untuk mobil anda. Sekalipun Pertamax Turbo memiliki banyak kelebihan sehingga kendaraan bisa memiliki kecepatan yang lebih tinggi, namun bahan bakar ini juga tidak tepat jika mesin mobil anda tidak mendukung. Jika memakai kendaraan dengan kompresi mesin 10:1, maka energi yang dibakar tidak sempurna sehingga menjadi lebih boros bahan bakar.