Salah satu cara untuk bisa meraup keuntungan yang berlimpah dalam bermain Bitcoin atau mata uang digital yakni dengan belajar trading. Bagi sebagian besar orang yang menekuni bidang satu ini telah memberikan kesaksiannya, jika belajar trading sangatlah efektif dalam meningkatkan pengalaman investor. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut.

Cara Trading BTC yang Benar

1. Mengetahui Bagaimana Pergerakan Harga BTC

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam mempelajari trading mata uang digital yakni dengan mengetahui bagaimana pergerakan harganya. Untuk mempermudah anda dalam memantau pergerakan harga BTC yang terbilang fluktuatif, yakni dengan melakukan pencarian informasi melalui kotak pencarian di salah satu peramban yang tersedia di smartphone atau PC.

jual beli Bitcoin di Indonesia Situs jual beli bitcoin terpercaya di indonesia

Tahapannya yaitu mengetikkan kata kunci “harga BTC saat ini”, secara otomatis akan muncul kotak hasil penelusuran yang memperlihatkan harga mata uang digital dalam Rupiah. Sebetulnya cara jual beli Bitcoin di Indonesia ini terdapat yang lebih mudah dibandingkan mencari di peramban, yakni mengunduh aplikasi pendukung bernama tokocrypto di Playstore atau AppStore.

Melalui tokocrypto, anda bisa memantau pergerakan harga BTC lebih efektif lantaran selalu diupdate. Bahkan anda pun bisa menengok bagaimana harga mata uang digital ini di masa lampau seperti 1 hari lalu, 1 minggu lalu, 1 bulan lalu, 1 tahun lalu, hingga beberapa tahun lalu. Mengetahui pergerakan terkini dan masa lampau akan bisa membantu anda untuk tentukan momentum yang tepat.

2. Menerapkan Manajemen Risiko

Bila diibaratkan, manajemen risiko merupakan sebuah rem dikala anda sedang berkendara ketika kondisi berbahaya. Sementara dalam dunia investasi sendiri, manajemen risiko kerap menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh setiap investor guna menghindari kerugian yang besar. Lantaran hal semacam ini akan berkaitan erat dengan psikologi dari investor yang masih pemula.

Seringnya melakukan perdagangan jual beli BTC atau trading, maka anda pun nantinya akan memiliki risiko yang cukup besar pula. Sebenarnya, hal ini bisa didapatkan jika anda sebelumnya tidak memperhatikan apa saja manajemen risikonya. Bukan hanya itu saja, penentuan besaran kerugian dan keuntungan pula bergantung pada setiap manajemen risiko yang ditetapkan.

3. Melakukan Pembelian Secara Bertahap

Bila anda termasuk ke dalam seorang pemula, alangkah baiknya jika anda menerapkan metode pembelian dengan menggunakan Dollar Cost Averaging atau DCA. Dimana caranya yakni dengan melakukan pembelian aset Bitcoin dengan harga tertentu secara bertahap dari 100 persen dana yang ingin dialokasikan. Pembelian ini bisa dilakukan di tokocrypto selaku tempat trading terbaik.

jual beli Bitcoin di Indonesia

Hal baik yang bisa didapatkan dalam cara semacam ini yakni investor nantinya tidak akan takut kembali untuk menebak nebak apakah harga BTC sudah berada di posisi top atau bottom. Selain itu, metode ini ternyata sangat menghemat pengeluaran lantaran relatif minim biaya investasi. Pasalnya, pembelian tidak langsung menempatkan semua dana yang dimiliki.

4. Memilih Platform Jual Beli yang Telah Terdaftar di Bappebti

Sebagaimana yang diketahui, jika Bappebti merupakan suatu lembaga yang berwenang mengawasi perjalanan trading serta menentukan peraturan tertentu untuk diberlakukan. Maka dari itu, carilah platform jual beli Bitcoin di Indonesia manakah yang telah terdaftar Bappebti. Hal ini perlu dilakukan demi memberikan keamanan lebih dalam melakukan investasi.

Menjalankan investasi dengan cara trading BTC mungkin terlihat sangat menyulitkan. Pasalnya, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dan dipahami agar tak salah langkah. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda mempelajari beberapa cara yang telah disebutkan diatas. Sebetulnya, cara diatas pula bisa dilakukan untuk pemula yang hanya memiliki modal terbatas.