Kesalahan kecil yang dilakukan oleh seseorang tak jarang berbuah pertikaian dan perselisihan. Padahal, suatu kesalahan terkadang terjadi hanya karena kesalahpahaman antara dua belah pihak. Bahkan, meminta maaf juga terkadang dapat membuat suatu masalah semakin pelik. Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Memperbaiki Hubungan

1. Mencari Alasan Untuk Membela Diri

Mengajukan permohonan maaf merupakan bentuk pengakuan bahwa anda sudah melakukan suatu kesalahan dan telah menyesalinya. Meskipun sebagian orang terkadang susah dan malu untuk melakukan tindakan ini, tetapi ucapan maaf dapat berfungsi untuk mengembalikan hati yang sakit.

tau Dihindari Ketika Meminta Maaf

Selain itu, seseorang yang melakukan kesalahan seringkali memiliki beban yang dalam terhadap dirinya. Sehingga, dengan mengakui kesalahan maka beban yang dirasakan akan hilang dan tidak lagi terpikirkan. Anda juga bisa melakukan klarifikasi terhadap kesalahan anda. Tetapi permintaan maaf dan menyesal telah melakukannya jauh lebih penting dibandingkan orang lain harus memakluminya.

2. Terdengar Tidak Tulus

Memohon maaf yang dilakukan hanya sebagai formalitas merupakan kesalahan fatal dalam kegiatan ini. Orang yang melakukan hal ini biasanya disebabkan oleh jabatan maupun kondisi finansial yang lebih tinggi, sehingga dapat merasa malu ketika mengucapkan maaf. Begitu pula, orang tersebut biasanya akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya.

Permohonan maaf sebaiknya dilakukan dengan tulus dan hati yang ikhlas. Hal ini dapat dilakukan dengan mengucapkan kata maaf dengan perasaan yang nyaman dan tenang. Tentunya, anda juga perlu menggunakan intonasi suara yang lebih halus dan tulus dalam mengucapkannya.

3. Menyalahkan Orang Lain

Selain itu, permohonan maaf juga sebaiknya dilakukan dengan fokus terhadap kesalahan yang telah anda perbuat. Meskipun permasalahan yang terjadi karena kesalahan dua belah pihak, mengakui kesalahan pribadi anda sangat penting untuk dilakukan. Hal ini juga dapat berdampak upaya saling memaafkan dan mengakui kesalahan masing-masing pihak.

Begitu pula, jika anda meminta maaf karena diminta orang lain, sebaiknya anda tidak membawa orang tersebut ke dalam masalah anda. Kegiatan tersebut hanya akan memperbesar masalah yang tak kunjung usai. Untuk itu, mengesampingkan ego dengan mengakui kesalahan secara lapang dada adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.

4. Terlambat Dalam Mengatakan Maaf

Mencari situasi yang tepat hingga berlarut-larut hanya akan membuat masalah anda semakin membesar. Hal ini dapat berakibat putusnya hubungan pertemanan. Bahkan, kesalahan yang terlalu lama dipendam juga dapat menimbulkan rasa bersalah yang berlebihan dan sakit kepala. Selain itu, kejadian seperti ini juga dapat membuat orang lain tidak dapat memaafkan kesalahan anda.

cara Ketika Meminta Maaf

5. Menuntut Segera Dimaafkan

Seseorang yang merasakan sakit hati biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk melupakan maupun memaafkan kesalahan orang lain. Kesalahan yang sudah terjadi seringkali menjadi batasan-batasan seseorang dalam menjalin hubungan karena tidak menginginkan terulangnya kejadian yang sama.

Begitu pula, permintaan maaf sebaiknya tidak dilakukan dengan tujuan tertentu. Misalnya saja mengatakan maaf dengan harapan agar kesalahan segera dimaafkan dan dapat dibantu untuk menyelesaikan tugas. Hal ini bisa saja menambah masalah baru, karena setiap orang memiliki respons yang berbeda. Bahkan, tak jarang ada orang menerima maaf di mulut, tetapi hatinya masih menyimpan dendam.

Kata maaf adalah kata yang sangat sederhana. Tetapi, kata tersebut terkadang sulit untuk diucapkan. Bahkan, terkadang seseorang juga sulit untuk memohon maaf atas kesalahannya. Untuk itu, sudah selayaknya jika permintaan maaf dapat dilakukan dengan tulus, ikhlas dan lapang dada.